Kejari Jember Terima Barang Bukti 244.800 Batang Rokok Tanpa Cukai -->

Kejari Jember Terima Barang Bukti 244.800 Batang Rokok Tanpa Cukai

Selasa, 26 September 2023, September 26, 2023

 


Jember, zonamerdeka – Kejaksaan Negeri Jember melalui Seksi Tindak Pidana Khusus menerima 244.800 batang rokok tanpa cukai dari Kantor Bea dan Cukai Jember, Senin, 25 September 2023.


Ratusan ribu batang rokok itu disita dari seorang pria yang telah ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana pelanggaran Undang-undang Nomor 11 tahun 1995 tentang Cukai.


Pria ini diketahui berinisial MH, kelahiran Kabupaten Pamekasan, 8 Agustus 1983, silam. Ia sendiri beralamat di Jalan Muharto, Kelurahan Kotalama, Kecamatan Kandang, Kota Malang. 


“Setelah memeriksa tersangka dan barang bukti, kami akan segera melimpahkan perkara ini ke pengadilan,” terang Kepala Seksi Pidana Khusus Dinar Hadi Chrisna Hartanto Woleka, SH.


MH merupakan orang yang disuruh seseorang untuk mengantar rokok tanpa cukai dari Pamekasan ke Kecamatan Pakusari, Jember.


Ia sendirian menyopiri mobil minibus Toyota Avanza. 


Pada 27 Juli 2023, MH telah kali ketiga mengantar rokok  yang telah diketahuinya tanpa cukai. 


Tujuannya adalah Terminal Pakusari. Jika sudah tiba di terminal, ia akan dijemput seseorang. 


Namun, hari itu ia telah ditangkap oleh petugas Bea dan Cukai sebelum sampai di terminal. Ia tertangkap di Kecamatan Tanggul, Jember. 


Selanjutnya, dalam pengawasan petugas, MH menuju ke Terminal Pakusari. Namun, mobil mengalami kendala. Sekitar dua jam tidak bisa jalan.


Telat tiba di terminal, orang yang akan menjemput tidak kunjung datang.  


Ada tiga merek rokok Sigaret Kretek Mesin(SKM) tanpa cukai yang disita, yaitu Swiss (6.800 bungkus @16 batang), ASWAD (5.600 bungkus @20 batang), Prada (1.200 bungkus @20 batang).


Mobil Minibus Toyota Avanza dan telepon seluler merek Oppo milik tersangka juga menjadi barang bukti perkara tindak pidana itu.


Pihak Kantor Bea dan Cukai Jember menyebutkan kerugian negara dalam perkara ini mencapai lebih 550 juta rupiah. (ton)

TerPopuler

close