Kurang Representatif, Kantor Kecamatan Kaliwungu Selatan Pindah ke Darupono, 1 Hektar Lahan Disiapkan

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kurang Representatif, Kantor Kecamatan Kaliwungu Selatan Pindah ke Darupono, 1 Hektar Lahan Disiapkan

27 December 2022


KENDAL-zonamerdeka.com-Dinilai kurang representatif, Kantor Kecamatan Kaliwungu Selatan yang sekarang berada di Desa Magelung akan dipindahkan ke Desa Darupono, Kaliwungu Selatan. Lahan seluas kurang lebih 1 Hektar kini telah disiapkan untuk lokasi kecamatan yang baru.


"Pemindahan tersebut sudah ditetapkan saat rapat paripurna tanggal 21 Desember kemarin, yakni, pembentukan perda baru tentang Pemindahan Ibu Kota Kaliwungu Selatan di Desa Darupono yang lokasinya Representatif," ujar Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun di acara Sosialisasi Pemindahan Kantor Kecamatan Kaliwungu Selatan di Desa Darupono, Senin (26/12/22).


Muhammad Makmun menjelaskan, untuk lahan tanah yang akan dibangun luasnya ada sekitar 1 hektar, dan sudah dibeli dengan anggaran sekitar 9 miliar.  Untuk pembangunan Kantor Kecamatan Kaliwungu Selatan, tahun depan akan dianggarkan sekitar 4 miliar.


Ia juga menyampaikan harapannya terhadap masyarakat di Kecamatan Kaliwungu Selatan, agar beradaptasi menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) di era perkembangan zaman saat ini, mengingat Kaliwungu Selatan nantinya akan menjadi tempat strategis ditengah industrialisasi.


"Mari kita manfaatkan momentum ini untuk meningkatkan kapasitas SDM, karena nantinya Desa Darupono akan menjadi pusat Pemerintahan dan pelayanan terhadap masyarakat, sehingga bisa berjalan efektif dan efektif," tutur Muhammad Makmun.


Sementara itu, Sekda Kendal, Sugiono mengatakan, bahwa sejak ditetapkan sebagai Kecamatan baru pada tahun 2026 pembangunan kantor yang berlokasi di Desa Magelung kurang dapat berfungsi optimal dalam penyelenggaraan pemerintahan maupun pelayanan publik.


Sugiono juga mengungkapkan, pada tahun 2008/2009 Pemerintah Kabupaten Kendal pernah membangun Kantor Kecamatan Kaliwungu Selatan tetapi belum sempat di tempati bangunannya sudah mulai retak, sehingga untuk keamanan pegawai, bangunan baru tersebut tidak ditempati dan sampai sekarang masih mangkrak.


"Selanjutnya, Kantor Kecamatan Kaliwungu harus mengontrak di Desa Magelung, yang mana tempat tersebut kurang ideal untuk dapat dijangkau dari seluruh penjuru desa, sehingga menyebabkan aksesibilitasnya kurang baik," ujar Sekda Sugiono.


Kasi Intel kejaksaan, Langgeng Prabowo mengatakan, bahwasannya niatan untuk memindahkan ibukota Kaliwungu Selatan bisa terwujud berkat kerjasama semua pihak, sehingga terwujud pengadaan tanah untuk lokasi kecamatan Kaliwungu Selatan. 


"Termasuk didalamnya, proses proses administrasi juga harus memenuhi persyaratan. Semoga bisa terlaksana sesuai harapan semua," tandasnya.


Salah satu perwakilan Kepala Desa di Kecamatan Kaliwungu Selatan, Jumarno mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kendal, karena akhirnya dapat memiliki Kantor Kecamatan, yang mana sudah diharapkan oleh seluruh masyarakat di Kecamatan Kaliwungu Selatan.


"Mewakili para Kades, saya merasa sangat senang, karena selama ini Kantor Kecamatan Kaliwungu Selatan di Desa Magelung tidak strategis dan dirasa oleh masyarakat kurang nyaman dengan ruangan yang sempit. Alhamdulillah dengan adanya pemindahan Kantor Kecamatan Kaliwungu di Desa Darupono dapat segera dibangun dan dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Kaliwungu Selatan," tutur Jumarno, Kepala Desa Protomulyo.(RZM)


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close