Dandim 1012 Buntok Resmikan Pencanangan Desa Sibung Sebagai Kampung Pancasila Berkah

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dandim 1012 Buntok Resmikan Pencanangan Desa Sibung Sebagai Kampung Pancasila Berkah

02 July 2022
Dandim Dandim 1012/Buntok ,Letkol Inf Hendro Wicaksono,saat menyerahkan bingkisan kepada tokoh masyarakat desa Sibung, usai peresmian Kampung Pancasila Berkah


Barito Timur, zonamerdeka.com - Desa, Sibung, Kecamatan Raren Batuah, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah adalah satu-satunya desa pertama percontohan pertama dari 101 desa 3 Kelurahan yang ada di 10 Kecamatan, dipilih oleh Kodim 1012 Buntok sebagai Kampung Pancasila Berkah.




Peresmian launching pencanangan perdana desa Sibung sebagai Kapung Pancasila Berkakah dihadiri langsung oleh Sekda Barito Timur Panahan Maoehtar, Danramil Ampah Kapten Inf Obal Jaranmasa beserta jajaran, kepala desa Sibung  Reholelu, ketua BPD, tokoh masyarakat, tokoh Agama, tokoh Pemuda dan para tamu undangan lainnya. 







Dandim Dandim 1012/Buntok ,Letkol Inf Hendro Wicaksono bersama mantan ketua PWI Barito Timur Yartono,disela kegiatan pencanangan Kampung Pancasila Berkah.



Dandim Dandim 1012/Buntok ,Letkol Inf Hendro Wicaksono  ,dalam sambutannya mengatakan tujuan dilaksanakannya peresmian launching pencanangan Kampung Pancasila  Berkah  merupakan kegiatan untuk mengedukasi generasi muda agar siap merawat Pancasila, serta siap menghadapi tantangan dan perubahan ke depan.



Dandim berpesan, kepada anak-anak generasi muda agar bisa diarahkan dengan baik, sehingga siap dan mampu memanfaatkan peluang. Ia menambahkan rencananya kedepannya tak hanya desa Sibung yang dicanangkan sebagai Kampung Pancasila Berkah. Namun dari 10 kecamatan yang ada diKabupaten Barito Timur akan menyusul ada pencanangan Kampung Pancasila Berkah satu desa satu kecamatan. 




",Program selanjutnya sudah kita rencanakan  akan ada lagi pencanangan satu Kampung Pancasila Berkah kita pilih satu desa perkecamatan diBartim ",ucapnya,saat diwawancarai media, Sabtu (2/7/2022) di desa Sibung. 




Dandim  berharap dengan telah dicanangkannya Kampung Pancasila Berkah, pemahaman akan pentingnya nilai-nilai pancasila dapat terimplementasi dikehidupan masyarakakt desanya , terutama dalam meningkatkan toleransi sesama warga sesuai dengan nilai pancasila.


 

Tak hanya itu, Hendro Wicaksono  juga berpesan kepada semua elemen masyarakat, khusunya para generasi muda sebagai penerus bangsa bisa menghayati dan menerapkan sila-sila yang terdapat dalam Pancasila dan diimplementasikan dengan tindakan nyata di tengah-tengah masyarakat Barito Timur yang majemuk pada khususnya, dan Desa Batuah pada umumnya.




“Saya harapkan dengan dipilihnya Dsesa Batuah ini jadi Kampung Pancasila Berkah, sila yang ada dalam Pancasila dapat terimplementasi di tengah-tengah masyarakat dalam kegiatan sehari-harinya. Dengan begitu, sambungnya akan menjadi contoh pada desa-desa lainnya yang ada di Kabupaten Barito Timur",tukasnya. 


Sekretaris Daerah (sekda) Kabupaten Barito Timur Panahan Moetar mengatakan sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Komandan Korem (Danrem) 102/Panju Panjung dan secara khusus Dandim 1012 Buntok atas adanya launching pencanangan Kampung Pancasila Berkah desa Sibung, Kecamatan Raren Batuah mempunyai makna dan nilai tersendiri. Menurutnya dipilihnya desa Sibung sebagai Kampung Pancasila Berkah ,karena didesa itu rasa toleransi, kebersamaan, dan semangat kegotong royong  masyarakatnya yang sangat tinggi.    


Dijelaskan, Nilai-nilai toleransi yang harus kita hidupkan kembali, nilai-nilai kebersamaan, semangat gotong royong harus kita hidupkan kembali di tengah-tengah masyarakat kita. Apabila kita tidak meningkatkan kembali nilai-nilai Pancasila, pasti akan terkikis budaya kita. Jika kita tidak mengamalkan dan menanamkan jiea Pancasila dalam hehidupan sehari-hari, pasti rasa kebanggaan, rasa kebersamaan, rasa gotong royong itu akan terkikis sedikit demi sedikit. 


"Oleh karena itu, saya titip pesan kepada seluruh tokoh masyarakat dan tokoh agama, tokoh pemuda yang ada di didesa Sibung ini tolong giatkan kembali rasa toleransi, rasa kebersamaan, dan juga  semangat gotong royong,” tutupnya. 


(Yulius Yartono)


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close