Kepala Diskan Kab. Sukabumi: Ikan Koi Diharapkan Dapat Mendongkrak Perekonomian Petani

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kepala Diskan Kab. Sukabumi: Ikan Koi Diharapkan Dapat Mendongkrak Perekonomian Petani

19 November 2022




Sukabumi, zonamerdeka.com - Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Sukabumi hadiri Kontes Ikan KOI yang digelar oleh Komunitas Sukabumi Bersatu Koi Club (SBKC) saat mendampingi Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, bertempat di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT), Jl. Selabintana No.37, Kota Sukabumi. Sabtu, (19/11/2022).


Kontes yang diselenggarakan ini merupakan sebuah wadah Komunitas Pecinta Ikan Koi yang menggabungkan Kota dan Kabupaten Sukabumi dibawah naungan Assosiasi Pecinta Koi Indonesia (APKI) yang dikemas dalam acara Kontes All Indonesia Breeder Koi Show tahun 2022.




Ini adalah momentum awal dari Sukabumi untuk pengembangan koi yang lebih bagus lagi," bebernya. Dalam kontes tersebut, terdapat 1.517 ikan koi lokal. Ikan tersebut berukuran dari 12-60 cm lebih. Jurinya pun dari berbagai negara, mulai dari Eropa, Jepang, Thailand, dan juri berpengalaman di Indonesia.


Kegiatan ini menjadi ajang kontes Koi seluruh Indonesia. Apalagi dalam ajang yang dilaksanakan saat ini, dikhususkan koi lokal.


Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Nunung Nurhayati menyampaikan bahwa Dinas perikanan kabupaten Sukabumi memiliki 3 Balai Benih Ikan (BBI) yang mana salah satu nya BBI talaga yg berada di kecamatan Caringin yang merupakan sentra ikan hias salah satunya adalah ikan koi.


"Ditempat tersebut diharapkan menjadi pusat perikanan hias khas kabupaten Sukabumi dan sekitarnya sehingga kegiatan kontes koi berada di kabupaten Sukabumi ini pun menjadi harapan Bupati Sukabumi, " ujarnya.


Selain itu, melalui BBI talaga juga akan mendongkrak perekonomian para petani ikan dan masyarakat pembudidaya ikan baik ikan konsumsi maupun ikan hias serta benih ikan.


"Kabupaten Sukabumi memiliki karakter koi yang khas. Hal itu seperti, koi kumpay dan koromo. Dalam kegiatan kali ini ada kurang lebih 1600 koi hasil budidaya," ucapnya.


Pemerintah kabupaten Sukabumi dalam hal ini terus mendorong pengembangan budidaya ikan koi di wilayahnya, serta menargetkan ikan koi sebagai salah satu ikon bagi kabupaten Sukabumi.


Marwan berharap, kegiatan ini menjadi pemicu semangat para pembudidaya ikan koi di Sukabumi. Sementara Pemda Kabupaten Sukabumi dapat mendorong melalui kebijakan


"Kami pun sedang mengkaji tempat yang reprsentatif untuk tempat budidaya, edukasi, dan workshop pembudidaya koi. Sehingga, bisa lebih mengembangkan koi dan ikan lainnya di Kabupaten Sukabumi," kata Marwan.


Usai kegiatan, dilaksanakan lelang ikan koi dari berbagai jenis dan ukuran. Bupati Sukabumi pun mengikuti lelang tersebut dan mendapatkan dua jenis ikan untuk pembibitan.


Pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Perikanan mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang sudah menyelenggarakan kegiatan kontes koi Indonesia semoga ditahun depan kontesnya berada di Kabupaten Sukabumi.***(Lison)


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close