Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi Gelar Sosialisasi Implementasi Subsidi Tepat di SPBU Nelayan

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi Gelar Sosialisasi Implementasi Subsidi Tepat di SPBU Nelayan

14 January 2023

 


Kabupaten Sukabumi, zonamerdeka.com - Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi menggelar Sosialisasi Implementasi Subsidi Tepat di SPBU Nelayan (SPBUN) dalam rangka penyampaian pengetahuan sebelum diberlakukannya sistem QR secara serentak, bertempat di Aula Dinas Perikanan, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi Jumat, (13/01/2023).



Sosialisasi diikuti Perwakilan Nelayan Palabuhanratu dan Cisolok, Kepala TPI dan Staf, Perwakilan AIRUD, Perwakilan TNI AL SPBU dan SPBUN Nelayan, PPN Palabuhanratu dan HNSI Kabupaten Sukabumi.


Sosialisasi menjelaskan beberapa alur Proses Bisnis Sistem Subsidi Tepat di SPBUN, diantaranya :


1. Nelayan mengajukan permohonan ke Dinas Perikanan dengan membawa persyaratan-persyaratan yang telah di tentukan.


2. Registrasi & Verifikasi On-site oleh Operator SPBU;


3. Terbit QR Code/NIK Terdaftar diberikan ke nelayan;


4. Proses transaksi nelayan ke operator penjualan untuk Scan QR Code/  input NIK pada EDC;


5. Di proses/validasi oleh sistem Server MPV;


6. Operator penjual Input Jumlah Pembelian;


7. Sistem Server MPV Penyimpanan Data  Transaksi Konsumen;


8. Nelayan membayar sejumlah pesanan.



Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Nunung Nurhayati menyampaikan bahwa berdasarkan dari hasil pembahasan kegaiat sosialisasi tersebut Aplikasi Registrasi onsite digunakan untuk mendaftarkan konsumen/nelayan yang akan  mendapatkan BBM JBT/JBKP oleh petugas di  SPBUN dengan proses verifikasi surat  rekomendasi di tempat (onsite).


"Website Subsidi Tepat digunakan untuk  pendaftaran mandiri konsumen/nelayan yang  dapat dilakukan dimanapun, dan akan  melalui proses verifikasi oleh tim verifikator  dengan SLA Maksimal 14 hari, "ujar Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Nunung Nurhayati kepada zonamerdeka.com, dikonfirmasi, Sabtu, (14/01/2023).


Selain itu, Proses pengecekkan data Kusuka pada proses pendaftaran via website Subsidi Tepat, dilakukan pada tahap input NIK dan user  dapat menggunakan data yang  ada di Kusuka sebagai input pada proses registrasi.


"Aplikasi POT (Transaksi/Point Of Sales) Aplikasi ini terdapat pada EDC/Tablet di masing-masing SPBUN yang digunakan untuk melayani pembelian  konsumen/nelayan dengan fungsi validasi NIK/QR, pengecekkan kuota BBM tersisa dan payment (cash/cashless), "imbuhnya.


Tinjauan Terkait UU 27/2022 tentang Perlindungan Data Pribadi. Perlu mendapatkan persetujuan dari konsumen untuk  penggunaan data pribadinya, termasuk menyampaikan  bahwa data akan di-bagi pakai-kan dengan pihak KKP.


"Mekanisme persetujuan konsumen karena proses pendaftaran dapat dibantu/dilakukan oleh petugas, "jelasnya.


Semetara, Konsumen perlu mendapatkan fasilitas untuk mendapatkan Salinan data yang telah diinput, memodifikasi, menghapus dan  mengakhiri/menarik kembali persetujuan tentang pemrosesan  data pribadinya;


Pengendali data pribadi (Pertamina & KKP) wajib menjamin  keamanan data yang diprosesnya dan menjaga  kerahasiaannya. Apabila terjadi kegagalan dalam  perlindungan data pribadi, maka wajib memberikan  pemberitahuan tertulis kepada pemilik data.


Pelaksanaan menginput ke sistem per tgl 16 Januari 2023. Penambahan kuota, untuk solar 4.000kl dan pertalite 500 kl.


Adapun tentang dalam masa pemberlakuan rekomendasi selama 1 bulan dan untuk sisa kuota tidak bisa akumulasi ke bulan selanjutnya, 3apabila habis kuota di persilahkan untuk mengajukan permohonan kembali”. "Tandasnya.


Sementara, “untuk ketertiban dalam pengadministrasian maka pemberlakuan 1 bulan masa berlaku dan dalam pengajuan dilihat dari SPB dan STBLK lalu dirumuskan sesuai dengan ketentuan."


***(Lison)


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close