Hadapi Krisis Ekonomi, Gemurab Kupang Adakan Webinar

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Hadapi Krisis Ekonomi, Gemurab Kupang Adakan Webinar

11 February 2023

 



Kupang, zonamerdeka.com - Gerakan Muda Umbu Ratu Nggay Barat (GEMURAB )-kupang merupakan wadah belajar yang membuka ruang bagi pemuda/mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat, Kabupaten Sumba Tengah, yang berasaskan kekeluargaan.


Pada hari jumat tanggal 10 Februari 2023, Badan Pengurus Gerakkan Muda Umbu Ratu Nggay Barat (GEMURAB) – Kupang melaksanakan kegiatan webinar dengan tema Peran Milenial Dalam Bidang Pertanian Dalam Menghadapi Resesi Ekonomi dengan menghadirkan 2 pemateri yang pertama kepala dinas BPTP NTT yang dalam hal ini diwakili oleh Ir. Irianus Rejeki Rohi, M.Si dan pemateri kedua Edwin Umbu Marabi S.Sos yang merupakan senior muda GEMURAB kupang.


Dalam pemaparan materinya  Ir. Irianus Rejeki Rohi, M.Si menyampaikan bahwa Pentingnya penerapan teknologi di sektor pertanian bagi kaum milenial untuk meningkatkan produksi pertanian, lebih khususnya pada teknologi budidaya padi dan pemupukan, spesifik lokasi yang menegaskan tentang cara tanam yang efektif untuk memperoleh hasil yang maksimum serta teknologi budidaya jagung dilahan kering. Peningkatan produksi pertaniana juga dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti cuaca, sumber daya manusia, dan cara tanam. apalagi, saat ini, di pulau sumba yang menjadi salah satu tantangan di sektor pertanian yaitu dengan adanya Hama Belalang.


Sedangkan materi yang disampaikan oleh  Edwin Umbu Marabi S.Sos menjelaskan bahwa peran milenial di sektor pertanian mempunyai andil yang besar dalam menghadapi resesi ekonomi. menurutnya, kegiatan webinar yang diadakan oleh BP GEMURAB Kupang ialah bentuk spirit dari anak-anak muda yang sangat peduli dengan keadaan bangsa dan negaranya. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa tahun 2023 adalah tahunnya resesi ekonomi yang berdampak bagi semua negara dan sektor pertanian menjadi ujung tombak bangsa Indonesia dalam menghadapi resesi ekonomi serta ancaman akan rawan pangan dunia. Peran milenial pada sektor pertanian sangat vital untuk itu kaum milenial diharapkan sama-sama menjaga bangsa kita selamat dari ancaman resesi ekonomi global. Karena milenial sangat melek teknologi terutama teknologi di bidang pertanian dan sebagai garda terdepan dalam menentukan nasib bangsa kita ke depan, Imbuhnya.


Sementara itu, ditempat yang sama, pembina GEMURAB kupang yang juga merupakan Dekan Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan Universitas Kristen Artha Wacana Kupang Umbu P.L.Dawa, S.Pi.,M.Sc menyampaikan generasi GEMURAB yang milenial jangan menjadi sumber masalah dalam era perkiraan masa resesi ekonomi tetapi menjadi generasi yang dapat membantu dalam pemecahan masalah yang dihadapi bangsa. 


ketua umum GEMURAB kupang, Elson Umbu Wassi, dalam sambutannya menyampaikan resesi sangat berpengaruh pada sendi-sendi kehidupan masyarakat, Mengingat bahwa kebutuhan pokok manusia atau masyarakat pada umumnya bersumber dari pertanian maka melalui webinar ini diharapkan kaum milenial mampu memberikan solusi untuk menyelesaikan persoalan dalam tugasnya sebagai agen of change.


Sedangkan Salah satu peserta yang antusias, frederika sabaora, menyampaikan melalui webinar ini kita belajar untuk merubah pola pikir dimana memanfaatkan teknologi dengan tepat dan manfaatkan alam dan lahan dengan baik. Harapannya dari banyak informasi dan manfaat dari webinar ini, tidak berhenti di webinar. 





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close