MABMI Kabupaten Bangka Diminta Untuk Segera Menyusun Kepengurusan

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

MABMI Kabupaten Bangka Diminta Untuk Segera Menyusun Kepengurusan

21 March 2023

 


Bangka, zonamerdeka.com - Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meminta kepada MABMI kabupaten Bangka, untuk segera menyusun kepengurusan. Sehingga program-program pelestarian budaya bisa berjalan. Hal itu diungkapkan Ketua MABMI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dato' H.Marwan Ja'fari.SAg, diruang kerjanya, Senin (21/03/2023).


Dijelaskan Dato' H. Marwan Ja'fari bahwa MABMI Babel, sudah memberikan mandat kepada Baharudin (Mo) untuk menyusun kepengurusan MABMI Bangka. Kemudian akan kita SK kan dan akan segera dilantik. Dengan begitu program-program pelestarian budaya di Bangka bisa berjalan, " Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, kepengurusan MABMI kabupaten Bangka sudah dilantik, " tuturnya.


Dato' H.Marwan Ja'fari optimis MABMI Bangka akan menjadi pelopor pelestarian budaya, diwilayah ini,  mengingat Bupati Bangka, Mulkan, salah satu tokoh yang gencar melestarikan budaya daerah. Pak Mulkan dengan gigih sudah menunjukan kecintaannya dengan budaya daerah,  memasang simbol-simbol budaya Bangka, disepanjang jalan. Simbol budaya daerah, tudung saji ditempelkan ketiyang tiyang listrik, indah sekali" Saya mengaprisiasi pak Mulkan, atas kepeduliannya terhadap pelestarian adat budaya daerah peninggalan para leluhur,"jelasnya.


Untuk itu Dato' Marwan berharap kepada bupati Bangka, agar terus tetap melestarikan adat budaya Bangka. Kita atas nama MABMI Babel, memberi masukan kepada pak Mulkan untuk mengintruksikan kepada para kades (kepala desa) menyisihkan anggaran desa untuk pengadaan tudung saji dan nampan, 

" Sehingga disetiap desa ada 100 tudung saji dan 100 nampan. Nantinya tudung saji dan dulang  yang ada dikantor  desa, bisa dimanfaatkan warga masyarakat, dalam kegiatan-kegiatan tertentu, seperti nganggung," ujarnya. (eru).


Foto: Ketua MABMI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dato' H.Marwan Ja'fari.SAg. (heru)


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close