Usai Dilantik LPBH PCNU Kendal Tancap Gas Laksanakan Program Kerja

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Usai Dilantik LPBH PCNU Kendal Tancap Gas Laksanakan Program Kerja

21 May 2023


Pelantikan Pengurus Lembaga, Badan Khusus NU dan Musyawarah Kerja PCNU Kabupaten Kendal, di Pondok Pesantren Al Fadlu 2 Srogo Brangsong, Kendal


KENDAL -zonamerdeka.com- Usai dilantik untuk masa khidmat 2023-2028, Ketua Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum Nahdlatul Ulama (LPBH) PCNU Kabupaten Kendal, Sugiyarto SH, MH, mengaku akan segera tancap gas melaksanakan berbagai program kerjanya.


Sugiyarto menyatakan, dalam waktu dekat akan segera menyusun program kerja selama lima tahun ke depan. Sejumlah program kerja yakni, jangka pendek, menengah dan panjang akan segera direalisasikan.


"Pertama melakukan konsolidasi di lingkungan warga NU, yang kedua melanjutkan program kerja, termasuk penyuluhan-penyuluhan khususnya untuk warga Nahdiyin dan kaum marginal. Penyuluhan dalam arti luas yaitu meningkatkan kesadaran hukum secara umum, karena kami melihat banyak sekali warga NU yang membutuhkan pendampingan hukum. Termasuk di dalamnya peningkatan SDM tentang hukum," ujar Sugiyarto SH usai Pelantikan Pengurus Lembaga, Badan Khusus NU dan Musyawarah Kerja PCNU Kabupaten Kendal, di Pondok Pesantren Al Fadlu 2 Srogo Brangsong, Kendal, Jawa Tengah, Minggu (21/5/23).


Sugiyarto menjelaskan, selain itu LPBH NU bertugas melaksanakan kajian sebuah regulasi peraturan perundang-undangan atau kebijakan hukum yang kurang berpihak pada kepentingan masyarakat.


"Disitu kita berikan kajian hukum untuk perubahan yang lebih baik dampaknya ke masyarakat," jelasnya.




Untuk jangka panjang, lanjut Sugiyarto, LPBH PCNU Kendal berencana akan melakukan pelatihan paralegal sebagai sarana pendidikan hukum dan pemberdayaan warga NU di bidang advokasi. Hal itu dilakukan untuk memperkuat dan meningkatkan potensi warga NU dalam bidang advokasi.


Dia menambahkan, pendampingan hukum tidak hanya diberikan terhadap warga NU saja, namun juga untuk masyarakat umum.


"Itu tidak ada persoalan, karena sebagai salah satu instrumen penegak hukum, kami siap memberikan pelayanan kepada siapa saja selagi mereka membutuhkan," tandas Sugiyarto SH, yang juga sebagai Ketua Paguyuban BPD Kabupaten Kendal itu.



Sedikit informasi, LPBH NU ini bertugas membantu memberikan pendampingan dan bantuan hukum kepada masyarakat khususnya warga NU, sesuai peran dan fungsinya. LPBH NU akan melakukan pendampingan hukum baik nonlitigasi maupun litigasi, dalam perkara peradilan pidana, perdata, PTUN, peradilan agama kepada seluruh warga NU.


Sebelumya saat memberikan sambutan pelantikan, Ketua PCNU Kendal, KH. Mustamsikin meminta para Pengurus Lembaga dan Badan Khusus NU yang baru dilantik segera melaksanakan tugas sesuai bidangnya masing-masing.


"Setelah ini langsung aktion. Laksanakan tugas sesuai bidang masing-masing. Ayo bersama-sama membangun NU dan Kendal. Bersama masyarakat membangun Kendal yang lebih baik," tegas KH. Mustamsikin.



Pelantikan dihadiri oleh, Pengurus PWNU Jawa Tengah, Bupati Kendal, Dico Ganinduto, Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, Dandim dan Kapolres Kendal, Ketua PD Muhammadiyah Kendal dan baberapa partai politik di Kendal.(*)


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close