Indah Nya Wisata Batu Runciang Di Nagari Parantau Silungkang

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Indah Nya Wisata Batu Runciang Di Nagari Parantau Silungkang

10 May 2022

 


Sawahlunto, Sumbar, zonamerdeka.com -- Ketika melintasi Sawahlunto singgahlah sejenak di Nagari Silungkang.Di sana pengunjung akan dibuat takjub melihat keindahan negri kecil di lembah yang dikelilingi perbukitan kapur dan koral tersebut, sungguh nagari yang eksotis dan magis. Baik keindahan alam nya maupun sejarah masyarakat silungkang di rantau.

 

Rasa lelah para pengunjung selama perjalanan akan langsung terbayar kontan. Selain untuk berwisata, kawasan wisata ini juga bisa untuk obyek penelitian geologi. 

 






Batu Runciang ini berjarak sekitar 3,5 km dari jalan lintas sumbar(jalinsum),desa silungkang oso,kec.silungkang. Dapat ditempuh dengan sepeda motor maupun mobil sekitar 5 menit dari simpang tiga puskesmas silungkang. 


Di sini pengunjung dapat melihat keindahan alam Silungkang maupun desa desa kecil yang di apit oleh bukit bukit indah di sekelilingnya.


Sesampai di Silungkang pengunjung dapat berkoordinasi dengan warga setempat,untuk selanjutnya dapat dipandu menuju kawasan Geopark batu Runciang silungkang.

  

 

Dijuluki batu unciang oleh masyarakat sekitar dikarena batunya berbentuk runcing dan tajam.saat berada di batu runciang pengunjung akan menemukan banyak sekali batu kapur(karst) dengan berbagai ukuran yang sebagian ujungnya meruncing. Dan bahkan ada pula batu andesit raksasa yang tingginya mencapai 30 meter. Bebatuan ini terbuat secara alami semenjak jutaan tahun silam.


019


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close