Mahasiswa UNIAS Diduga Berjoget Ala Tiktok Saat Ospek, Bagaikan di Tempat Dugem

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mahasiswa UNIAS Diduga Berjoget Ala Tiktok Saat Ospek, Bagaikan di Tempat Dugem

11 September 2022

 


Gunungsitoli, zonamerdeka.com - Dua orang laki laki dan satu orang perempuan berpakaian baju hitam putih tengah melakukan joget ala Tiktok ditengah orang banyak. Para penonton tampak terlihat seakan menikmati aksinya.


Alhasil video tersebut merupakan mahasiswa dari Universitas Nias yang sedang mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2022/2023.


Video itupun beredar luas di media sosial dan mendapatkan kecaman dari warganet karena dinilai kegiatan PKKMB sebagai tempat dugem alaala cafe.


Anggota DPRD Kabupeten Nias, Yosafati Waruwu menanggapi bahwa Joget ala Tiktok pada kegiatan Ospek mahasiswa baru di Universitas Nias tahun 2022 ini, yang paling faham makna dan tujuannya terhadap orientasi belajar mengajar, orientasi kehidupan kampus, orientasi unit kegiatan mahasiswa dan orientasi fakultas dan jurusan, hanyalah pihak Universitas Nias. 


"Entah apa kaitannya joget ala Tiktok dengan orientasi itu, merekalah yang paling faham, "Ungkap Wakil Rakyat dari politisi NasDem kepada wartawan. Minggu (11/09/2022).


Dikatakannya, bila tujuannya sekedar menghibur, tentu lingkungan kampus bukanlah tempat hiburan. Bila, untuk mengembangkan kebudayaan dan kearifan lokal, masih ada tarian Nias yang bisa dikemas ala modern untuk memperkenalkan sekaligus melestarikan budaya Nias lewat kegiatan mahasiswa baru di Universitas Nias. 


"Bisa juga bagian dari strategi Universitas Nias mempromosikan perguruan tingginya dengan joget ala Tiktok sehingga viral dan jadi sorotan masyarakat banyak, "Tegasnya.


Dengan adanya universitas maka memiliki wadah untuk melestarikan budaya yang didalamnya mengandung nilai-nilai etika dan estetika seperti tarian-tarian Nias dengan kemasan modern justru lebih unik sebenarnya.


Dianya berharap memang lewat Universitas Nias budaya dan kearifan lokal kita bisa diperkenalkan lewat kegiatan mahasiswa. 


"Kalau joget ala Tiktok ini sudah umumlah di era sekarang, "Tutur Yosafati.


Salah satunya diunggah oleh akun Facebook Nodiveman Waruwu bertulisan bahwa Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan program yang WAJIB diikuti oleh seluruh mahasiswa baru.


Kegiatan itu untuk memperkenalkan dan mempersiapkan para mahasiswa baru berproses menjadi mahasiswa yang yang dewasa dan mandiri, mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi kelak.


"Sayang sekali kegiatan PKKMB di tahun 2022 ini di mana salah satu pertunjukan yang memang tidak bisa di contoh pada saat pengenalan kampus kepada mahasiswa baru, malahan kegiatan PKKMB sebagai tempat dugem alaala cafe, "Tulisnya. (YL)


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close