Bangsring Underwater, Pesona Bawah Laut Banyuwangi

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bangsring Underwater, Pesona Bawah Laut Banyuwangi

13 November 2022

 

Foto Instagram @bangstringunderwater


zonamerdeka.com - Bangsring Underwater merupakan salah satu wisata alam yang lalumerupakan ekowisata berbasis konservasi ikan dan terumbu karang. 


Tempat wisata Bangsring ini berlokasi di ujung timur Pulau Jawa tepatnya Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi.  







Bangsring Underwater berada di perairan Selat Bali, sehingga keindahan alam bawah lautnya tidak diragukan lagi.


Terumbu karang di perairan ini sempat rusak sebelum tahun 2008 karena para nelayan masih menangkap ikan menggunakan bom ikan. 


Akan tetapi saat ini perairan Bangsring telah disulap menjadi kawasan konservasi laut yang dilindungi. 


Tidak hanya itu pada tahun 2017  ini mendapatkan Kalpataru Kategori Penyelamat Lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 


Wisata Bangsring Underwater menyediakan sejumlah fasilitas wisata berbasis edukasi dan konservasi untuk pengunjung.


Berikut fasilitas yang ada di wisata Bangsring Banyuwangi, terdapat Rumah Apung dan terdapat perahu serta kapal penyeberangan ke Pulau Tabuhan dan Pulau Menjangan.


Rumah Apung pada Wisata Bangsring Underwater ini  merupakan rumah kayu berukuran 27 x 7 meter, serta berada sekitar 20 meter dari bibir pantai. 


Rumah Apung pada Wisata Bangsring Underwater ini difungsikan sebagai tempat meeting wisatawan yang hendak melakukan snorkeling dan diving. 


Selain itu, Rumah Apung difungsikan sebagai tempat keramba ikan yang digunakan sebagai tempat konservasi ikan hiu dan penyu. 


Berbeda dengan fungsi keramba ikan pada biasanya, keramba di Rumah Apung ini dijadikan tempat konservasi penyembuhan ikan hiu dan penyelematan penyu. 


Wisatawan Bangsring Underwater dapat menikmati panorama bawah laut, terumbu karang, serta biota laut.


Wisata Bangsring Underwater juga menyediakan fasilitas untuk penyeberangan ke Pulau Tabuhan dan Pulau Menjangan. 


Pada wisata Bangsring Underwater ini terdapat sejumlah perahu dan kapal yang siap mengantarkan rombongan wisatawan ke kedua pulau tersebut. 


Begitulah sekilas gambaran wisata Bangsring Underwater Banyuwangi, cocok banget untuk berpetualang dan mensyukuri ciptaan Ilahi. [Lilis]


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close