Kadis Perikanan Kab. Sukabumi Hadiri Workshop RAD Pangan dan Gizi

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kadis Perikanan Kab. Sukabumi Hadiri Workshop RAD Pangan dan Gizi

15 November 2022

 



Kabupaten Sukabumi, zonamerdeka.com - Kepala Dinas (Kadis) Perikanan Kabupaten Sukabumi, Nunung Nurhayati hadiri Workshop Persiapan dan Penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) Pangan dan Gizi Kabupaten Sukabumi yang digelar oleh Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda), bertempat di Hotel Sukabumi Indah, Selabintana. Senin, (14/11/2022).


Dihadiri para OPD Kabupaten Sukabumi, PKK Kabupaten Sukabumi, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Sukabumi, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Sukabumi, Persatuan Ahli Gizi Indonesia Kabupaten Sukabumi, Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia Kabupaten Sukabumi, BPOM, Forum TJSPKBL Kabupaten Sukabumi, Forum Doktor Sukabumi, Perumda ASM Kabupaten Sukabumi, Kadin Sukabumi, Bulog Cabang Cianjur, Asosiasi Pengusaha Beras Sukabumiku, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Universitas Nusa Putra dan Sekolah Vokasi IPB Sukabumi.


Adapun materi kegiatan Workshop Persiapan 

dan Penyusunan Rencana Aksi Daerah 

Pangan dan Gizi Kabupaten Sukabumi terssbut disampaikan oleh Direktur Kesehatan Gizi dan Masyarakat Kementrian PPN/BAPPENAS. 


Selain itu, Pemaparan terkait Pangan dan Gizi ditinjau dari 4 aspek RAD, dilanjutkan dengan pembahasan terkait pembentukan Forum Koordinasi Rencana Pangan dan Gizi Daerah Kabupaten Sukabumi oleh Kepala Bidang PPSDA Bappelitbangda.


Kadis Perikanan Kabupaten Sukabumi menyampaikan bahwa dalam kegiatan tersebut pihaknya telah melakukan koordinasi serta mengusulkan agar untuk melakukan pemetaan penyebaran jumlah penduduk di kabupaten Sukabumi. 


"Jenis kelamin dan usia disandingkan dengan data kesehatan yaitu data stunting guna memudahkan dalam penanganan, penanggulangan dan pencegahan serta disandingkan dengan ketahanan pangan dan gizi, "ujarnya.


Selain itu, kami juga mengusulkan agar untuk melibatkan dari Kementrian Agama (Kemenag) dan Kementrian Desa (KemenDes) di pusat dengan bersinergi dalam penanganan stunting agar memudahkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam hal tersebut, "kata Nunung.


"Dalam rencana aksi pangan dan gizi yg harus diperhatikan juga terkait Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mana saja yang berhubungan dengan Produksi pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan dan perkebunan.


Untuk distributor sendiri adalah PU, Pasar dan Perindag. Sedangkan untuk Sosial dan budaya melibatkan Dinas lingkungan hidup, serta untuk Gizi sendiri harus melibatkan Dinas Kesehatan, Puskesmas, PKK dan Desa, "Imbuhnya.


Diakhir kegiatan ditandai dengan Penyepakatan Bersama dalam Berita Acara Forum Koordinasi Rencana Pangan dan Gizi Daerah Kabupaten Sukabumi. ***


(Lison)


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close