Kadiskan Kab. Sukabumi Hadiri Seminar Nasional Harkannas ke-9 di SMKN 1 Cibadak

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kadiskan Kab. Sukabumi Hadiri Seminar Nasional Harkannas ke-9 di SMKN 1 Cibadak

21 November 2022

 


Kabupaten Sukabumi, zonamerdeka.com - Kepala Dinas Perikanan (Kadiskan) Kabupaten Sukabumi, Nunung Nurhayati Hadiri sekaligus menjadi narasumber acara Seminar Nasional Peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-9 tahun 2022, bertempat di Smkn 1 Cibadak. Senin, (21/11/2022).


SMKN 1 Cibadak menyelenggarakan acara Seminar Nasional dalam Memperingati Hari Ikan Nasional Tahun 2022 dengan mengusung tema “Mewujudkan Pengusaha Muda di Sektor Perikanan Untuk Meningkatkan Perekonomian Nasional”.


Acara dihadiri Dekan Fakultas Pertanian Universitas Djuanda. Dr. Yudi Wahyudi, M.Si, Owner Dunia Akuarium Sukabumi, Awet Abadi, S.Pi dan Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, H.A Sopyan BHM, S.IP.


Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) diperingati setiap tanggal 21 November yang ditetapkan berdasarkan Keppres No 3 Tahun 2014 tentang Hari Ikan Nasional.


Rangkaian acara Harkannas di mulai dari tanggal 20 November 2022 yang diawali dengan kegiatan senam massal bersama masyarakat, dan lomba mewarnai tingkat TK. 


Selain acara seminar, ditempat ini juga diselenggarakan Bazar berbagai produk perikanan.


Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi menyampaikan bahwa seminar yang diikuti oleh Siswa SMKN 1 Cibadak ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein berkualitas tinggi.


Selain itu, ikan juga sebagai pengingat bahwa Indonesia memiliki potensi perikanan yang perlu dimanfaatkan secara optimal dengan tetap berprinsip pada pelestarian alam, "Jelasnya.


Pada kempatan tersebut, Pemerintah melalui Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi mengajak para generasi muda untuk turut mendorong peningkatan konsumsi ikan di Kabupaten Sukabumi sekaligus juga untuk memanfaatkan peluang usaha tersebut, salah satunya dengan menjadi wira usaha yang bergerak di sector kelautan dan perikanan. 


"Kabupaten Sukabumi memiliki potensi di bidang perikanan yang sangat besar untuk dikembangkan, mulai dari perikanan tangkap, budidaya ataupun pengolahan dan pemasaran, dimana kondisi pada saat ini belum termanfaatkan secara optimal, "kata dia.


Dengan keterlibatan para pemuda dalam menuangkan ide, pemikiran dan inovasinya, diharapkan para pemuda 

dapat berperan langsung dalam pengembangan sector kelautan dan perikanan di Kabupaten Sukabumi.


Dengan adanya kegiatan seminar nasional ini, diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan siswa-siswi tentang peluang usaha di sektor perikanan, membangun dan menanamkan jiwa wirausahawan muda.


"Serta diharapkan dapat memotivasi siswa-siswa untuk gemar makan ikan, karena dengan gemar makan ikan akan tercipta generasi masa depan yang sehat, cerdas dan kuat, "pungkasnya.***


(Lison)


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close