DPT Valid Kunci Suksesnya Penyelenggaraan Pemilu 2024

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

DPT Valid Kunci Suksesnya Penyelenggaraan Pemilu 2024

28 December 2022

 


Bangka, zonamerdeka.com - Kunci suksesnya Penyelenggaraan Pemilu tahun 2024, jika DPT (Daftar Pemilih Tetap) valid. Kalau DPT kurang valid, menyebabkan banyak kesulitan di lapangan, karena setiap data pemilih di TPS itu berdasarkan DPT. Hal itu disebutkan anggota KPU Kabupaten Bangka, dalam giat Rakor Persiapan Penyusunan dan Pelaksanaan Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih Pemilu Tahun 2024,  Selasa (27/12/2022) di Hotel Tanjung Pesona Sungailiat, Bangka.


Dijelaskan Hartati hal yang sangat penting adalah data pemilih pemilu yang valid. Sebab data pemilih tetap yang valid merupakan dasar untuk mengajukan jumlah logistik pemilu yang diperlukan,"Kalau DPT tidak valid menyebabkan banyak kesulitan di lapangan, karena setiap data pemilih di TPS itu berdasarkan DPT," ujarnya.


Hartati menambahkan, kegiatan persiapan tahapan pemutakhiran data pemilih  Pemilu 2024, berdasarkan UU No. 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum dan peraturan KPU No. 7 tahun 2022 tentang penyusunan daftar pemilih dalam penyelenggaraan pemilu, dan sistem informasi data pemilih dalam mewujudkan daftar pemilih yang berkualitas," Tahapan pemutakhiran data pemilih  Pemilu 2024  dimulai dengan diserahkannya  DP4 dari Kemendagri kepada KPU, pada tanggal 14 Desember 2022, yang akan disandingkan dengan DPT terakhir yang dimutakhirkan secara berkelanjutan untuk ditetapkan sebagai bahan dalam pencocokan dan penelitian oleh KPU kabupaten, kota,"jelasnya.


Dikatakan oleh Hartati dengan ada dukungan dari seluruh stakeholder, kami bisa melaksanakan pemutakhiran data pemilih Pemilu 2024 ini secara maksimal, " Dengan adanya rapat koordinasi ini, semoga persiapan, penyusunan dan pelaksanaan tahapan pemutakhiran daftar pemilih  Pemilu 2024 berjalan dengan baik dan lancar," tutup Hartati


Hadir dalam kegiatan, perwakilan parpol peserta pemilu, unsur Bawaslu, Forkopimda Bangka, perwakilan OPD di lingkungan Pemkab Bangka, para camat se Bangka, akademisi, dan undangan yang lain. (eru)


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close