Dinas Perikanan Bersama Posikandu Sambangi Koperasi Perikanan Binaan di Cisaat

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dinas Perikanan Bersama Posikandu Sambangi Koperasi Perikanan Binaan di Cisaat

11 January 2023

 


Kabupaten Sukabumi, zonamerdeka.com - Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi bersama Pos Pelayanan Kesehatan Ikan Terpadu (POSIKANDU) melaksanakan kunjungan ke Koperasi Perikanan Mina Mandiri Sejahtera Abadi, bertempat di Desa Sukasari, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Selasa, (10/01/2023).


Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, UMKM Kabupaten Sukabumi, Penyuluhan Perikanan dan Pengurus Koperasi.







Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Nunung Nurhayati menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan dalam rangka pembinaan Koperasi Perikanan Mina Mandiri Sejahtera Abadi.


Merujuk pada UU No 25 tahun 1992 tentang Perkopeasian, Koperasi perikanan merupakan kelembagaan ekonomi nelayan, pembudidaya ikan, dan pelaku utama/usaha perikanan lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian pelaku utama dan pelaku usaha perikanan.


"Di Desa Sukasari Kecamatan Cisaat telah berdiri Koperasi Perikanan Mina Mandiri Sejahtera Abadi. Keberadaan Koperasi ini menaungi kelompok-kelompok pembudidaya ikan atau perseorangan yang begerak dalam budidaya atau pengolahan ikan, "Jelasnya.


Sementara itu, Komoditas ikan yang dibudidayakan antara lain nila, koi, mas, lele dan beberapa produk olahan ikan seperti abon lele dan baby fish nila.


Kegiatan organisasi di Koperasi ini sempat vakum sejak terjadinya pandemic Covid-19, untuk itu Dinas Perikanan melakukan pembinaan untuk  memberikan motivasi dan membangkitkan kembali kegiatan Koperasi ini yang sempat terhenti


Pada kesempatan ini tururt serta hadir penyluh perikanan wilayah Cisaat juga kepala Bidang Koperasi dari Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sukabumi, yang turut juga memberikan pembinaan dari sisi kelembagaan Koperasi tersebut. 


Dengan keberadaan koperasi perikanan ini diharapkan akan terwujud kemandirian kelompok yang pada akhirnya mampu meningkatkan kompetitif dan daya saing produk kelautan dan perikanan. Hal ini tentunya tidak lepas dari pendampingan dan pemberdayaan, strategi dan gagasan penyuluhan perikanan dari Dinas Perikanan.


"Kemandirian pelaku utama dan pelaku usaha perikanan ini lah diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan taraf kesejahteraan masyarakat pelaku utama dan pelaku usaha kelautan dan perikanan. "Tutupnya.***(Lison)


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close