Dinas Perikanan Menjajaki Lokus P2WKSS di Desa Kebonpedes

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dinas Perikanan Menjajaki Lokus P2WKSS di Desa Kebonpedes

14 January 2023

 

 

Kabupaten Sukabumi, zonamerdeka.com - Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi melaksanakan dalam rangka memperoleh data dan informasi mengenai potensi perikanan di Lokus Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) khusus di bidang pengolahan hasil perikanan sebagai bahan peningkatan pemberdayaan masyarakat di Sekretariat P2WKSS RW 08, Desa Kebonpedes, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi. Kamis, (12/01/2022).






Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Bidang Pengolahan, Pemasaran dan Pengawasan Sumberdaya Perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Iwan Dirwana,S.Pi.M.Si, Sub Koordinator Pemberdayaan dan Bina Mutu Pengolah Pemasar, Rikah Tababaka,S.Pi, Staf Dinas Perikanan, Tubagus, S.Pi, Kepala Desa Kebonpedes dan Ibu Kepala Desa Kebonpedes.


Kegiatan ini diikuti oleh para Ibu-ibu kelompok usaha hasil perikanan di RW 08, Ibu-ibu kader PKK RW 08, Ibu-ibu kader Posyandu RW 08 dan warga setempat.


Ditempat terpisah, Kepala Dinas (Kadis) Perikanan Kabupaten Sukabumi, Nunung Nurhayati menjelaskan bahwa P2WKSS, yaitu suatu program terpadu sebagai model pembangunan masyarakat terpadu terdiri dari pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, pengembangan remaja dan kepedulian kepada kelompok terpadu, kepada zonamerdeka.com dikonfirmasi Jum'at, (13/01/2023).


Ia menyebutkan, sebagai kegiatan bersama yang melibatkan kolaborasi para multipihak dari pilar utama yaitu Dinas/Lembaga Tingkat Kabupaten, Masyarakat dan NGO/LSM, Perguruan Tinggi serta Perusahaan.


"Pada Tahun 2023 kali ini, Program P2WKSS dilaksanakan di Kecamatan Kebonpedes Kabupaten Sukabumi dengan lokus di Desa Kebonpedes RW 08, "tandasnya.


Lanjut Nunung, "Ada tiga tahap kegiatan P2WKSS, yaitu tahap pertama yaitu tahap persiapan dan perencanaan di tiga bulan pertama yaitu pada bulan januari-maret, adalah tahap dimana dilakukannya perencanaan, penyusunan program oleh OPD/Dinas/Lembaga Tingkat Kabupaten dengan menyiapkan strategi perencanaan dan membangun komitmen dalam pelaksanaan P2WKSS kepada penerima program di lokasi binaan.


Selain itu, untuuk tahap ke dua yaitu tahap proses yaitu pada bulan April-September adalah tahap proses intervensi kegiatan pelaksanaan yang sedang berjalan dalam rangka pembinaan dan pengawasan untuk melihat kemajuan dan capaian kinerja program P2WKSS, "ungkapnya.


Dan selanjutnya adalah tahap ketiga, yaitu kegiatan monitoring dan evaluasi untuk melihat hasil dan capaian kinerja akhir sesuai tujuan P2WKSS serta penilaian oleh tim penilai Tingkat Provinsi, Panelis Ahli dan Panelis Praktisi.


Di tahap pertama Program P2WKSS Dinas Perikanan khususnya Bidang Pengolahan, Pemasaran dan Pengawasan Sumberdaya Perikanan melakukan identifikasi ke Desa Kebonpedes sebagai lokus program P2WKSS dengan menggali data dan informasi mengenai potensi perikanan serta melakukan diskusi dengan kelompok usaha hasil perikanan yang dapat didorong.


"Pengembangannya dan pemberdayaan Peningkatan Peranan Wanitanya untuk diintervensi oleh Dinas Perikanan, "ujar Nunung.


Dari hasil diskusi tersebut didapat informasi bahwa di lokus P2WKSS sudah terbentuk kelompok tani yang beranggotakan 15 orang, dimana salah satu usaha kelompok tani tersebut adalah pengolahan dimsum ikan.


Adapun beberapa permohonan yang disampaikan oleh poktan dalam rangka peningkatan usaha kelompok yaitu adanya pelatihan pengolah ikan, bantuan sarpras pengolahan ikan, bantuan sarana pemasaran dan kemasan untuk produk hasil perikanan.


Kadis Perikanan Kabupaten Sukabumi berharap melalui kegiatan ini, dapat teridentifikasinya potensi perikanan dibidang pengolahan dan pemasaran hasil perikanan di lokus P2WKSS sebagai bahan perencanaan kegiatan yang akan dilaksanakan di lokus P2WKSS sehingga program P2WKSS di Desa Kebonpedes Kecamatan Kebonpedes dapat terlaksana dengan baik," tutupnya.    

 

***(Lison)


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close