Dinas Perikanan Verifikasi Budidaya Ikan Sidat di Warungkiara

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dinas Perikanan Verifikasi Budidaya Ikan Sidat di Warungkiara

13 January 2023

 



Kabupaten Sukabumi, zonamerdeka.com - Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi menggandeng Pos Pelayanan Kesehatan Ikan Terpadu (POSIKANDU) melaksanakan dalam rangka Verifikasi Budidaya Ikan Sidat di Pondok Pesantren Modern Assalam, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi. Kamis, (12/01/2023).


Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Nunung Nurhayati menjelaskan bahwa Pondok Pesantren Modern Assalam Warungkiara merupakan salah satu Ponpes yang melakukan aktivitas budidaya ikan sebagai kegiatan ekonomi mandirinya. 


"Jenis ikan yang dibudidayakan berupa ikan nila, lele, gurame, koi juga sidat. Kegiatan budidaya ikan yang dilakukan meliputi kegiatan pembenihan dan kegiatan pembesaran, "jelasnya.


Sejauh ini ikan yang diproduksi masih diserap untuk kebutuhan internal pesantren yaitu sebagai salah satu menu makan para santri, "tambahnya.


Dinas Perikanan dalam kesempatan tersebut sudah memberikan paket bantuan induk ikan lele, ikan nila, ikan sidat dan sarana budidaya pakan alami cacing sutera, dengan tujuan untuk pemberdayaan santri dan pemenuhan protein di pesantren. 


Khusus untuk ikan sidat, telah dilakukan pula upaya pengolahan produk ikan sidat berupa kue brownis yang berbahan dasar sidat yang bisa dikonsumisi sebagai camilan untuk para santri.  


Sementara, untuk ikan lele dimanfaatkan dan diolah menjadi abon lele. Ke depannya diharapkan budidaya sidat di Ponpes Assalam semakin meningkat, baik untuk konsumsi internal pesantren juga untuk menambah nilai ekonomi dari usaha ekonomi mandiri di pesantren.


Karena selain dikenal sebagai sumber gizi yang tinggi sidat juga dikenal sebagai komditas perikanan yang berorientasi ekpsor dan tentu saja bernilai ekonomi sangat tinggi. 


Dinas Perikanan akan terus mendorong untuk peningkatan budidaya ikan sidat ini melalui program dan kegiatan yang dilaksanakan baik yang bersumber dari dana pusat maupun daerah.***(Lison)


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close