Jaring Atlet, Askab Kendal Gelar Festival Sepak Bola Usia Dini

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jaring Atlet, Askab Kendal Gelar Festival Sepak Bola Usia Dini

19 February 2023


Penyerahan bola ke tim SSB Askab PSSI Kendal


KENDAL- zonamerdeka.com- Untuk menjaring atlet – atlet berbakat sedari kecil, Asosiasi Sepak Bola Kabupaten (Askab) PSSI Kendal menggelar festival sepak bola usia dini Se-kabupaten Kendal. Event yang di gelar pada Minggu (19/2/23), berlangsung di Lapangan Sepakbola Desa Gubuksari, Pegandon, Kendal Jawa Tengah.


Event di buka langsung oleh Brigjen Pol (Purn). Yoyok Sri Cahyanto ( Dewan Penasehat Askab PSSI Kendal), dan dihadiri Sekretaris Askab PSSI Kendal, Muhammad Samsul Ma'arif dan para pengurus Askab PSSI Kendal.


Yoyok Sri Cahyanto mengatakan, selaku Dewan Penasehat meminta kepada para pengurus Askab untuk menjalankan tugas pokok dan fungsinya. Yakni harus memberikan persiapan pelatihan sejak usia dini dan memperkenalkan bagaimana cara bermain sepakbola yang baik dan sportif. Karena bahwasanya, sepak bola itu adalah pertandingan yang mengedepankan sportivitas.


"Anak anak harus bermain dengan riang gembira, lawan bukan musuh, perlakukan mereka sebagai mitra," ujar Yoyok biasa disebut.

Dikatakannya, sekarang ini hampir merata di setiap kecamatan di Kendal ada SSB, oleh karena itu ia berharap, Askab PSSI harus memberikan wadah dan pembinaan agar anak-anak lebih berkembang.


"Itu yang utama untuk modal awal mereka. Jangan berpikir yang komersial dulu," tegas Yoyok, pria yang juga pernah bermain di Persik Kendal era 80 an itu.


Dia berharap, Festival Sepakbola usia dini ini bisa berlanjut dan menjadi agenda tetap. Sehingga gairah pembinaan sepakbola usia dini yang sudah berjalan baik, bisa lebih berkembang serta mendapatkan potensi pemain berbakat dari Kendal.


Sekretaris Askab PSSI Kendal, Samsul Ma'arif menuturkan, dengan festival atau turnamen sepakbola untuk usia dini ini, secara potensi anak anak di Kendal banyak yang berbakat, dan itu terlihat dari cara mereka bermain. 


''Event ini akan menjadi kalender tetap tahunan Askab PSSI Kendal. Sehingga bakat-bakat atau talenta pemain sepak bola usia dini ke depan dapat terus diasah untuk mensupport tim tim sepakbola di Kendal," beber dia.


Sementara, Ketua Komite Usia Muda Askab PSSI Kendal, Kamal menyebutkan, turnamen diikuti sebanyak 18 tim Sekolah Sepak Bola (SSB) yang terafiliasi dengan Askab PSSI Kendal, dari 20 SSB di 20 kecamatan di kabupaten Kendal.


Pihaknya menambahkan, direncanakan dalam satu tahun kedepan Askab akan menyelenggarakan festival kelompok usia 12 dan 10 tahun sebanyak 3 kali. 


“Festival sepak bola ini wadah pembinaan talenta-talenta pemain belia, agar anak seusia mereka memiliki aktivitas positif, serta menghindarkan anak anak dari kecanduan gadget, narkoba dan menjauhkan mereka dari kenakalan remaja lainnya," pungkas dia.


Dikegiatan tersebut secara simbolis perwakilan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kendal juga memberikan Kartu Indentitas Anak (KIA) kepada para anggota SSB Askab PSSI Kendal.(RZM)


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close