Nats Alkitab : Filipi 2: 1-4

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Nats Alkitab : Filipi 2: 1-4

11 February 2023

 



Penulis  :  Amatus Rahakbauw


Nats Alkitab : Filipi 2: 1-4


Pertanyaannya mengapa sikap kerendahan hati perlu di miliki oleh kita manusia khususnya orang beriman dalam menjalankan karya-karya kita dalam hidup ini ?


Bunda Teresa berkata : kerendahan hati adalah Ibu dari semua sifat yang baik, dalam kerendahan hati kasih kita menjadi nyata. Kerendahan hati adalah sikap terdamai yang memiliki makna dan dampak yang luar biasa.


Firman Tuhan menekankan bahwa persekutuan hidup bersama semakin berarti dan berdampak jika semua yang ada didalamnya memiliki sikap kerendahan hati, yang merupakan buah teladan dari Tuhan Yesus Kristus. Tuhan Yesus menunjukkan kepada kita teladan terbesar tentang kerendahan hati, Ia rela menjalankan misi Allah Bapa dengan memberi diriNya mati tersalib sebagai wujud totalitas kasihNya agar kita manusia di selamatkan.





Filipi 2 ayat 6-7, Firman Tuhan berkata : yang walaupun dalam rupa Allah tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus di pertahankan, melainkan telah mengosongkan diriNya sendiri dan mengambil rupa seorang hamba dan menjadi sama dengan manusia. Tuhan Yesus memberi teladan tentang sikap kerendahan hati yang teragung, Ia mengesampingkan kepentingan diriNya, kemuliaan diriNya hanya demi manusia. Dari apa yang telah Tuhan Yesus teladankan bagi kita maka ada beberapa hal yang dapat kita renungkan :


a. Sikap kerendahan hati mengarahkan kita untuk menyadari bahwa kita hanya tidaklah berarti apa-apa tanpa Tuhan. Keberadaan diri kita yang masih dapat menikmati hidup sampai dengan saat ini, apa yang kita miliki, yang banggakan ada dalam hidup kita semuanya bersumber dari Tuhan.


Orang yang rendah hati adalah orang yang tahu bersyukur dalam keadaan apapun.


Orang yang rendah hati adalah orang yang mempertaruhkan hidup dan masa depannya dalam kuasa dan kehendak Tuhan.


Orang yang rendah hati adalah orang yang mengandalkan Tuhan serta hidup takut dan hormat kepada Tuhan.


Orang yang rendah hati selalu menyakini bahwa hidup ini dipenuhi dengan sukacita apapun keadaannya.


Orang yang rendah hati selalu menaruh pengharapannya dalam rencana Tuhan yang baik.


​​​​​​​Dalam menjalankan setiap karya atau pekerjaan, Pribadi yang memiliki sikap kerendahan hati selalu bahwa ia tidak dapat hidup dan berkarya sendiri tanpa kehadiran orang lain. Kehadiran orang lain dalam huidupo dan karya adalah bagian yangn penting yang turut berperan dalam berbagai pencapaian-pencapaian dan kemajuan.


Keberadaan orang lain tidak hanya sekedar ada atau kita tidak hanya sekedar ada bagi orang lain tetapi hadir dan memberi arti. Karena itu.


Orang yang rendah hati adalah orang yang dapat membangun dan menjaga relasi hidup bersama dengan orang lain dalam keseharian atau di tempat bekerja. Sikap kerendahan hati mengasihilah persekutuan kasih, kasih mesra, belas kasihan, sehati sepikir, satu kasih, satu jiwa, satu tujuan.


Orang yang rendah hati adalah orang yanbg tidak merasa paling baik, paling bisa, paling tau, paling pintar, dll, kerendahan hati tidak bersikap meremehkan orang lain tetapi justru mengarahkan kita untuk mengenal diri dan menyadari bahwa ada banyak juga kekurangan-kekurangan dan ketidaksempurnaan dalam dirinya, dan mampu melihat, mengakui serta menghargai orang lain dalam berbagai kelebihan dan kekurangannya. Orang yang rendah hati akan menempatkan orang lain lebih utama dari pada dirinya.


Orang yang rendah hati adalah orang yang berintegritas, tidak ada dalam kepura-puraan dan kemunafikan dalam bersikap dan bertindak tetapi melakukan semua karya-karya atas dasar kebenaran dan keadilan yang pada akhirnya memberi dampak kebaikan bagi banyak orang.


Ketiks kita memiliki sikap kerendahan hati kita akan melakukan semua pekerjaan tanpa melihat siapa yang akan mendapatkan pujian, melainkan yang perlu kita lakukan adalah bekerja dengan penuh tanggungjawab dan mempersembahkannya untuk kemegahan dan kemuliaan nama Tuhan dan bukan untuk puji-pujian yang sia-sia.


Dalam hidup ini banyak orang bisa menyatakan kebaikan atau bertindak yang baik ( prang jahatpun dapat berbuat baik) tetapi hanya sedikit saja orang yang dapat menjaga hatinya agar tetap tulus dan memiliki kerendahan hati.


Amsal 18:12 Tinggi hati mendahului kehancuran tetapi kerendahan hati mendahului kehormatan.


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close