Silaturahmi Dengan Pihak Keuskupan Agats,, Kapolda Papua Disambut Hangat Uskup dan Para Pastor Setempat

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Silaturahmi Dengan Pihak Keuskupan Agats,, Kapolda Papua Disambut Hangat Uskup dan Para Pastor Setempat

26 February 2023

 


Asmat.Zonamerdeka- Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Irjen Pol. Matius D. Fakhiri, S.IK didampingi Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom berkesempatan mengunjungi pihak Keuskupan Agats, Asmat, Papua Selatan dalam kunjungan kerja di wilayah itu, Sabtu (25/2/2023). 


Kunker Kapolda Papua di Agats Ibukota Kab. Asmat yang juga dihadiri Koorspripim Polda Papua, Kompol Leonardo Yoga, S.I.K, Danyon B Pelopor Satbrimobda Papua, Kompol Dionisius Vox Dei Paron Helan, S.I.K ini dikabarkan untuk bertatap muka dengan para tokoh agama, tokoh adat serta tokoh masyarakat dan pemerintah setempat guna membicarakan sejumlah hal penting terkait situasi Kamtibmas di Asmat yang juga termasuk wilayah hukum Polda Papua.


Namun sebelum melakukan tatap muka dengan para tokoh lintas ormas tersebut di Aula Wirapratama Mapolres Asmat, Kapolda bersama rombongan dari Polda Papua serta Kapolres Asmat AKBP Agus Hariadi, S.Sos.,M.M beserta Jajaran Kepolisian Resor Asmat terlebih dahulu bersilaturahmi ke Keuskupan Agats dan disambut hangat oleh Uskup Agats Mgr. Aloysius Murwito, OFM beserta para pastor dan rohaniawan setempat di Aula Pusat Pastoral Keuskupan Agats. 


Selaku tuan rumah, Mgr. Alo dalam sambutannya pada kesempatan jumpa dengan Jendral Polisi bintang dua tersebut menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepada Irjen Matius Fakhiri karena dapat meluangkan waktu untuk mengunjungi pihaknya di tengah kesibukan dalam agenda kunker ke Asmat kali ini. 

Uskup Alo mengungkapkan bahwa pihaknya selama ini telah membangun kerjasama yang baik dengan Kepolisian Resor Asmat, terutama dalam membantu menciptakan kondisi aman dan nyaman di Asmat. Dilaporkan Uskup Alo bahwasanya wilayah selatan secara khusus Kabupaten Asmat sampai saat ini masih aman terkendali walaupun  dalam momen tertentu terjadi gesekan gesekan sedikit namun demikian dapat teratasi dengan cepat berkat kerjasama yang baik Kepolisian Resor Asmat dengan semua pihak.


"Bapak Kapolda, kami yang ada ini hanya sebagian, karena yang lain berada di paroki paroki. Selain karena kondisi alam yang tidak memungkinkan seperti air surut dan lain sebagainya, tapi juga karena jarak yang tidak memungkinkan untuk menempuh dalam waktu yang singkat. Tapi kami yang ada ini, sebagian pastor pastor, suster dan karyawan, kami menyambut baik kedatangan Kapolda. Sekali lagi terimakasih dan semoga kesempatan ini bisa meninggalkan kesan untuk kerjasama dalam menjaga dan membangun Asmat kedepannya baik dengan Kepolisian di Provinsi maupun di Polres Asmat ini. 

Perlu kami sampaikan bahwa wilayah selatan ini pada umumnya aman dan secara khusus di Asmat sampai saat ini masih dalam keadaan aman terkendali," ungkap Uskup Alo.


Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Asmat ini menyatakan bahwa Asmat secara geografis berbatasan dengan sejumlah daerah seperti Mappi, Boven Digoel, Yahukimo, Mimika, sehingga kemungkinan terjadi gangguan keamanan yang datang dari luar selalu terbuka. Karena itu ia mengatakan kerjasama yang ada dipertahankan untuk mengawal kemananan di tanah lumpur Asmat ini.


"Kami selau bersama sama  Kepolisian resor Asmat, Pemerintah setempat dan kerjasama yang baik ini  berharap terus terjalin untuk sama sama mengawal agar Asmat ini tetap aman," tutur Uskup Alo. 


Sementara itu, Irjen Pol. Matius D. Fakhiri selaku Pimpinan Kepolisian di Daerah Papua ini mengaku pihaknya sangat berterimakasih kepada lembaga Gereja dimana melalui tokoh-tokoh agamanya banyak memberikan kontribusi bagi pembangunan di Papua secara khusus di Asmat. Namun demikian, dirinya merasa perlu untuk terus mengawal dan bersinergi dengan Gereja, terlebih agar gereja bisa mengawasi umatnya supaya bisa memproteksi diri dalam mengahadapi masalah-masalah yang terjadi dikemudian hari.


"Memang ini sangat penting, karena dalam situasi tahun politik ini perlu mengawal gereja dalam mengingatkan anak-anak Tuhan untuk bisa menjaga marwah dirinya agar bisa menjadi orang yang baik. Dan saya sangat berharap dari Gereja bisa mengingatkan kita semua untuk bisa menjaga diri kita dalam menghadapi masalah besok yang cukup berat ini,” kata Kapolda.


Akan tetapi, melihat situasi di wilayah selatan Papua yang masih tetap kondusif, Pimpinan Kepolisian Daerah Papua ini mengapresiasi seluruh lapisan masyarakat yang mencintai kedamaian. Sehingga sampai saat ini Selatan Papua ini tetap kondusif.*** (Jef)


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close