Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pj. Bupati Aceh Singkil Minta Dinas PUPR Fungsikan Air Bersih Tahun Ini Saat Membuka Musrembang Kecamatan Suro

01 March 2023

 


ACEH SINGKIL, Zonamerdeka.com --  Pj. Bupati Aceh Singkil, Marthunis membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Kecamatan Suro, Rabu (1/3/2023).


Musrembang ikut dihadiri Kepala Bappeda Aceh Singkil, Ahmad Rivai, Kepala Dinas PUPR Erwin Syahputra, Kepala Dinas Kesehatan Subarsono, Unsur Muspika, Kepala Kampung dalam Kecamatan Suro Makmur dan pejabat lainnya. 


Camat Suro Ganda Suriadi Bancin, S.STP, M.SI dalam sambutannya, menyampaikan program prioritas pembangunan di Kecamatan Suro, Antara lain penuntasan pembangunan air bersih. 


"Saat ini masih dalam pengerjaan sehingga belum dapat dialirkan ke rumah - rumah warga," Kata Ganda 


"Air ini merupakan bagian dari pelayanan dasar. Setelah mengalir ke rumah - rumah warga nantinya. Tinggal bagaimana kita dapat mengatur manajemennya, supaya tetap bisa terus mengalir air." ungkap Camat Suro 


Selanjutnya terkait di Desa Buluseuma, Pangkalan Sulampi dan Desa Suro Baru belum ada Puskesdes dan ketiga Desa ini bersedia menyiapkan lahan untuk pembangunan fasilitas kesehatan tersebut.


Bahkan, Pengelolaan sampah pasar juga menjadi prioritas, berikut pembangunan jalan dari Desa Keras ke Sibagindar dan pembangunan jalan di Desa Lae Bangun," Ujarnya 


Pembangunan rumah duafa dan pelepasan hutan produksi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat juga menjadi fokus usulan prioritas kita," Imbuh Ganda.


Pj. Bupati Aceh Singkil, Marthunis, ST, D.EA menanggapi usulan pembangunan air bersih, mengatakan sebelumnya ditargetkan sudah mengalir dari Lae Petal, hingga sampai Leter S.


Namun, hanya saja ada pipa yang bocor, sehingga target belum tercapai. "Semoga tahun ini bisa selesai," Ungkap Marthunis. 


Selanjutnya Pj. Bupati menanggapi tentang Puskesdes, hal ini menjadi perhatian kami, karena permasalahan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Anak ini akan menjadi permasalahan serius.


"Karna bagi saya satu saja kasus AKI dan AKA di Aceh Singkil ini akan menjadi sebuah kejadian luar biasa," Sebut Marthunis


Menanggapi usulan penangan sampah, menurut Marthunis tahun ini Pemkab Aceh Singkil, melakukan pengadaan kontainer sampah.


Namun tidak cukup hanya menyediakan kontainer sampah. Menurut Marthunis, Perlu peran serta dari Desa dengan membawa sampah rumah tangga ke kontainer," Ucap Marthunis 


"Kalau bisa sampahnya dipisahkan, antara sampah organik dan nonorganik," ujar Marthunis. 


Sedangkan pembangunan jalan dari Desa  Keras ke Sibagindar, Sebut Marthunis pada tahun ini ditangani Provinsi Aceh, serta APBN.


Sakdam husen


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close