Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Peningkatan Ekonomi Wisata Desa, Persada Kendal Lakukan Studi Banding ke Magelang dan Yogja

22 November 2023


KENDAL- zonamerdeka.com- Sebagai upaya peningkatan ekonomi desa melalui pariwisata, Persada (Persatuan Sekretaris Desa) Kabupaten Kendal melakukan studi banding ke desa wisata di Magelang dan Yogjakarta.


Keberangkatan dua bus besar yang diikuti sekitar 100 an Sekretaris Desa di Kendal tersebut, dilepas langsung oleh Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki di depan GOR Bahurekso Kendal Jawa Tengah, Rabu (22/11/23).


Salahsatu anggota Persada Kendal, Kiswanto mengatakan, selain untuk refreshing, studi banding juga untuk meningkatkan kapasitas Sekretaris Desa yang tergabung dalam Persada.


Dikatakannya, peningkatan kapasitas itu adalah untuk mencari atau menimba ilmu ke desa wisata yang sudah berkembang. Dan mungkin bisa di contoh untuk mengembangkan pariwisata desa.


"Jadi ini sifatnya mungkin bukan peningkatan kapasitas secara pekerjaan, tapi nantinya untuk desa kita, yaitu untuk peningkatan perekonomian di desa masing-masing melalui wisata desa," ujar Kiswanto.


Selain studi banding ke desa wisata, kata Kiswanto, kita juga akan melakukan ziarah ke beberapa makam di Magelang dan Yogjakarta.


"Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi desa dan diberikan kelancaran," ujarnya.



Salahsatu Presidium Persada Kendal, Budi Ristanto menambahkan dan berharap, kedepannya Persada Kendal dapat memberi manfaat bagi Sekdes (Sekretaris Desa) di Kabupaten Kendal. 


"Kami upayakan yang terbaik bagi  Persada. Misal dari hal-hal yang kecil seperti seragam batik, kaos dan study banding gratis, anggota tinggal berangkat," tandas Budi Ristanto.


Sementara itu, Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki menyampaikan, kegiatan ini bisa dikatakan sebagai bentuk refrensing sekdes, di mana dalam menjalin silaturahim dan ukhuwah Islamiyyah.


"Dalam menjalin rasa kebersamaan, memang perlu diadakan pariwisata di antara internal mereka. Mudah-mudahan output yang dilaksanakan oleh para sekretaris ini bisa bermanfaat dalam menunjang tugas-tugas mereka sehari-hari untuk memberikan pelayanan yang terbaik pada masyarakat," terang Wabup yang akrab dipanggil Pakde Bas itu.(*)


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close