Ratusan Mahasiswa UNIAS Unjuk Rasa Tolak Uang Kuliah

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ratusan Mahasiswa UNIAS Unjuk Rasa Tolak Uang Kuliah

26 August 2022

 


Gunungsitoli, zonamerdeka.com - Ratusan mahasiswa Universitas Nias (UNIAS) dari Fakultas Ekonomi khususnya semester 8  melakukan aksi unjuk rasa didepan kantor Rektor Unias. Jumat (26/08/2022).


Pantauan di lapangan, mahasiswa universitas Nias fakultas ekonomi ini seluruhnya mengenakan atribut almamater fakultas ekonomi.


Dalam orasi, Arianto Gulo  menyampaikan beberapa tuntutan mahasiswa terhadap penguasa universitas Nias diantaranya : 


Pertama, meminta kejelasan jadwal seminar proposal dan meja hijau sehingga tidak berakibat pada pembayaran uang kuliah bagi semester akhir.


Kedua, menolak secara tegas Mahasiswa akhir dalam melakukan pembayaran uang kuliah karna tidak serta merta keterlambatan dalam penyelesaian skripsi (seminar dan meja hijau) adalah kesalahan Mahasiswa melainkan kebijakan dan sistem administratif dari kampus yang berubah-ubah.


Ketiga, tingkat plagiarisme yang dianggap sungguh sangat memberatkan Mahasiswa .hal ini dikarenakan Tingkat literasi buku yang ada pada kampus universitas Nias saat ini Masih minim.


Kemudian dalam pengecekan plagiarisme tersebut membutuhkan waktu beberapa hari untuk mendapatkan hasil turniting tersebut. Sehingga menjadi salah satu kendala Mahasiswa akhir dalam melanjutkan pembuatan Skripsi  untuk mengejar waktu yang ditentukan oleh pihak kampus yaitu tanggal 01 September 2022 harus menyelesaikan meja hijau.


Keempat, meminta kepastian pihak kampus untuk menjamin bahwa Mahasiswa yang belum  mengikuti seminar tersebut tidak membayar uang kuliah pada semester ganjil hal ini dikarenakan bahwa Mahasiswa yang belum seminar tidak akan mencapai Waktu yang sangat mendesak ( 01 September 2022)  untuk melanjutkan ketahap penelitian skripsi.


Kelima, berharap kepada pihak kampus dalam halnini Dekan fakultas ekonomi universitas Nias memberikan kepastian dan kejelasan tentang perkuliahan semester pendek yang telah disampaikan langsung oleh Pj.Rektor Unias  pada saat pertemuan kepada pimpinan fakultas ekonomi, dan informasi tersebut telah tersampaikan  kepada seluruh mahasiswa semester akhir yang mengalami kendala pada nilai pada semester sebelumnya dimasa STIE Pembnas Nias.


Aksi meimbar kampus tersebut berlangsung dari pukul 10.15 wib hingga siang ini pukul 13.00 wib , Mahasiswa terus menyuarakan tuntutan kepada rektor universitas Nias, namun sayangnya dari pihak Unias belum memberikan klarifikasi atas tuntutan mahasiswa tersebut.


Seperti diketahui mimbar kampus tersebut turut di awasi oleh pihak kepolisian resort Nias.


"Mahasiswa memohon agar pihak pengelola universitas Nias mampu menjawab keluhan Mahasiswa terutama pada pembayaran uang kuliah semester akhir, "Ungkap Arianto. (YL)


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close