Proyek Drainase di Jalan Provinsi Tanpa Papan Keterangan, Hari Pengawas UPT PJJ Jember: Bukan Wewenang Saya

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Proyek Drainase di Jalan Provinsi Tanpa Papan Keterangan, Hari Pengawas UPT PJJ Jember: Bukan Wewenang Saya

16 September 2022


Jember, zonamerdeka.com - Kegiatan pembangunan jembatan plat beton dan pemasangan batu mortar (drainase) jalan Provinsi di Jalan Rambipuji - Balung tepatnya utara Polsek Balung Jember tanpa dilengkapi papan keterangan terkait penjelasan proyek tersebut.


Hari, selaku pengawas dari DPU Bina Marga Provinsi Jawa Timur UPT PJJ Jember, menyampaikan bahwa dirinya tidak mengetahui terkait papan informasi yang dimaksud dan berdalih bukan kewenangannya.


 Padahal, berdasar pantauan wartawan di lokasi proyek tidak ditemukan adanya papan informasi kegiatan. Terkesan pihak pelaksana mengabaikan hak publik tentang keterbukaan informasi, Jember, pada hari, Kamis (15/9/2022).


Hal terungkap ketika awak media memantau lokasi tersebut dan tidak ditemukan adanya papan nama kegiatan.


Perlu diketahui bahwa dalam catatan, amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai baik dari APBD maupun APBN  wajib memasang papan nama proyek. Baik memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pekerjaan.


Kemudian awak media melakukan konfirmasi kepada Hari selaku pengawas dari DPU Bina Marga Provinsi Jawa Timur UPT PJJ Jember. Ia menyampaikan bahwa tidak mengetahui terkait papan informasi yang dimaksud dan berdalih bukan kewenangannya.


"Bukan kewenangan saya, silahkan ke kantor saja," ujar Hari di lokasi proyek kepada wartawan ini (15/09/2022) Kamis siang.


Lanjut Hari, pekerjaan drainase pasangan batu mortar yang dikerjakan bersifat urgent dan mendesak. 


"Soalnya ini rutin, jadi rutin itu menangani pekerjaan skalanya kecil dan urgent, mas," terangnya.


Hari menjelaskan, bahwa pekerjaan drainase (pasangan batu mortar) panjang 71 meter, dengan ketinggian 1 meter tersebut dikerjakan secara swakelola. 


Menurut Hari, semua bahan material dikirim dari kantor dan ia hanya bertugas sebagai pengawas pekerjaan di lapangan.


"Ini material disub dari kantor, tenaga dari kantor, kita pengawas yang di lapangan tinggal mengerjakan," pungkasnya.


Untuk keberimbangan berita pihak terkait akan dikonfirmasi lebih lanjut.


Maston 





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close