Diskan Kab. Sukabumi Gencarkan Program IMAH (Ikan Masuk Rumah)

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Diskan Kab. Sukabumi Gencarkan Program IMAH (Ikan Masuk Rumah)

22 November 2022

 

Kabupaten Sukabumi, zonamerdeka.com - Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi kembali menunjukkan keseriusannya dalam pencegahan dan percepatan penanggulangan stunting di Kabupaten Sukabumi, melalui program IMAH (Ikan Masuk Rumah), bertempat di Kantor Desa Sukaresmi Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Senin, (21/11/2022).


Dihadiri Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Kepala Bidang Pengolahan, Pemasaran dan Pengawasan Sumberdaya Perikanan, Sub Koordinator Pemberdayaan dan Bina Mutu Pengolah Pemasar Hasil Perikanan, aparat Desa Sukaresmi.







Program ini disasarkan bagi anak yang termasuk ke dalam kategori stunting yang merupakan program inovasi yang dicanangkan untuk membantu mencegah dan menanggulangi stunting di Kabupaten Sukabumi. 


Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Nunung Nurhayati menjelaskan bahwa program ini merupakan bentuk upaya membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat agar gemar mengkonsumsi ikan.


Diikuti dengan memperbanyak ketersediaan dan kemudahan akses masyarakat atas produk perikanan dengan tujuan, yaitu untuk mensosialisasikan kepada masyarakat secara luas kandungan gizi ikan sehingga masyarakat gemar mengkonsumsi ikan secara teratur dan 

berkelanjutan sejak dari kecil, agar terbentuk generasi muda yang sehat, kuat dan cerdas, "jelasnya.


Selain itu, dalam kegiatan ini Kepala Dinas Perikanan membagikan paket ikan laut segar 

sebanyak 30 paket kepada warga di Desa Sukaresmi, khususnya anak yang termasuk ke dalam kategori stunting.


Ikan ini merupakan bantuan dari pelaku usaha perikanan yaitu Koperasi Nelayan Berdaulat Ciwaru, "ujarnya.


Seperti yang diketahui, ikan memiliki kandungan gizi yang lebih unggul dibanding sumber protein hewani lainnya. Kandungan gizi ikan meliputi protein, karbohidrat, vitamin, mineral dan asam lemak omega 3 yang memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. 


Kandungan Omega 3 pada ikan sangat tinggi dibanding dengan produk pangan yang lain. Omega 3 terdiri dari DHA dan EPA, EPA berperan dalam membantu melawan peradangan.


Sementara DHA memainkan peran penting dalam mendukung perkembangan fungsi otak dan fungsi penglihatan, serta menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis. 


Diharapkan dengan terselenggaranya program ini, akan semakin banyak masyarakat khususnya ibu dan anak yang menyadari pentingnya mengkonsumsi ikan. 


"Kami mengajak masyarakat agar untuk membiasakan mengkonsumsi ikan dan makanan bergizi seimbang, maka akan terus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan juga mendukung program percepatan penurunan stunting, "Pungkasnya. ***(Lison)


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close