Menuju Kurikulum Merdeka Belajar, Siswa SDN 3 Puding Besar Kunjungi DPRD Bangka

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Menuju Kurikulum Merdeka Belajar, Siswa SDN 3 Puding Besar Kunjungi DPRD Bangka

21 December 2022

 


Bangka, zonamerdeka.com - Menuju implementasi kurikulum merdeka belajar dan proses pembelajaran kontekstual kurikulum 2013 (K13) siswa siswi SD Negeri 3, kecamatan Puding Besar, kunjungan ke kantor DPRD kabupaten Bangka, Selasa (20/12/2022). Rombongan diterima oleh Sekretariat Dewan DPRD Bangka Erry Gusnawan dan staf.


Dijelaskan Plt Kepala Sekolah SDN 3 Puding Besar, Nursidah, bahwa kunjungn dengan para siswa siswi ke kantor sekretariat DPRD Bangka, berkaitan dengan  implementasi kurikulum merdeka belajar dan sekaligus proses pembelajaran konstektual kurikulum 2013 (K13). Pasalnya di tahun 2023-2024 nanti, kami diharuskan untuk mengikuti atau turut serta dalam kurikulum tersebut.


"Sebenarnya kurikulum itu bukan kurikulum baru tapi kurikulum tahun 2013, akan tetapi ini masa pemulihan, dan kami harus mengikuti kurikulum tersebut, " tutur Nursidah. 


Ditambahkannya, dua tahun kemarin terjadi kondisi yang kurang baik karena mewabahnya pandemi covid-19, sehingga kurikulum tersebut berjalan tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh negara. Dengan dasar tersebut, lalu dari Kementerian Pendidikan digelontorkan kurikulum merdeka belajar. Kalau dulu siswa berpusat pada guru, kalau sekarang siswa belajar sesuai dengan minat dan bakat,

 "Nah, oleh sebab itu hari ini kami bawa siswa kesini ke gedung DPRD, karena sesuai dengan salah satu pembelajaran. Karena disitu ada indikator melaksanakan wawancara dengan narasumber. Kalau siswa tidak dibawa langsung ke narasumbernya, siswa akan bingung dan tidak tahu,"jelas Nursidah. 


Dikatakan juga Nursidah, dalam kunjungan ini,  diharapkan siswa dapat lebih berani menyampaikan semua yang menjadi keinginannya. Dan ternyata setelah dibawa kesini, wawasan anak murid terbuka, bahwa kantor DPRD, tidak selalu menjadi sesuatu yang menakutkan, "Disini anak terlihat gembira, mendapatkan pembelajaran dan akhirnya mengerti tentang badan legislatif," ujarnya. 


Sementara Sekwan DPRD Bangka, Erry Gusnawan mengatakan, pendidikan sejak usia dini sangat penting. Apalagi siswa siswi kita ajak melihat ke sejumlah ruangan, baik itu ruang komisi, fraksi dan ruang pimpinan dewan, agar para siswa tahu kegunaan masing-masing ruangan. Diharapkan hasil dari kunjungan ini, siswa sudah siap saat memasuki jenjang pendidikan selanjutnya dan memudahkan tenaga pendidik memberikan pelajaran di tingkat dasar.


 " Mudah mudahan dengan mengenal langsung gedung tempat wakil rakyat bekerja, anak-anak murid SDN 3 Puding Besar lebih paham, meski usia mereka masih terbilang masih dini. Intinya saya sangat mendukung atas kunjungan ini demi menyukseskan implementasi kurikulum merdeka belajar,"terangnya. 


Rombongan yang terdiri dari 30 siswa siswi kelas IV SDN 3 Puding Besar dan guru pembimbing tersebut, diajak berkeliling ke sejumlah ruangan di kantor wakil rakyat dan sekaligus diberikan penjelasan fungsi-fungsi dari ruangan tersebut. (eru)


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close