Pendataan Potensi Perikanan Darat Bersama Komunitas Pemancing Sukabumi

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pendataan Potensi Perikanan Darat Bersama Komunitas Pemancing Sukabumi

23 December 2022

 


Sukabumi, zonamerdeka.com - Dinas Perikanan  Kabupaten Sukabumi menggelar kegiatan penyediaan data dan Informasi Sumberdaya Ikan dalam rangka melaksanakan pendataan potensi perikanan darat bersama komunitas pemancing Sukabumi, bertempat di Ruang pertemuan Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi. Kamis, (22/12/2022).


Dihadiri Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Ifish – FAO, BAPELITBANGDA, Subkoor Pengelolaan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sukabumi, Analis pengelolaan sumberdaya ikan, Pengadministrasian umum, Camat berserta jajaran dan para perwakilan komunitas pemancing Kecamatan Cidahu.


Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Nunung Nurhayati menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan pendataan potensi perairan darat dan pemberian materi mengenai Perlindungan Ikan Sidat dan perlunya pendataan hasil tangkapan di Perairan darat.


"Diskusi difokuskan pada pendataan hasil tangkapan di perairan darat periode Agustus- Desember 2022, evaluasi pengisian loogbook dan peningkatan kapasitas SDM melalui materi perlindungan ikan Sidat dan pentingnya kegiatan pendataan perikanan darat, "tuturnya.


Dalam sambutannya Camat Cidahu, Jaenal Abidin mendorong agar komunitas yang aktif terus bersinergi dalam pelestarian lingkungan, dan turut memperkenalkan potensi- potensi sumberdaya yang terdapat di Kecamatan Cidahu. Selain itu, Camat Cidahu mendukung penuh dan siap bersinergi dengan komunitas pemancing dalam hal pelestarian dan program- program bermanfaat lainnya yang dilaksanakan.


Kepala Bidang konomi dan Sumberdaya BAPELITBANGDA  menjelaskan kebijakan pengelolaan sumberdaya perikanan darat di Kabupaten Sukabumi yang terdapat di dalam kebijakan sektor primer yaitu Ekstensifikasi lahan pertanian  dan perikanan melalui  peningkatan kerjasama dan  pemanfaatan lahan, mengembangkan kawasan  unggulan berbasis potensi  agribisnis.


meningkatkan kualitas SDM dan  layanan infrastruktur di kawasan  unggulan berbasis potensi  agribisnis dengan mencetak agripreneur milenial yang potensial, optimalisasi peranan BUMD dalam meningkatkan nilai  tambah sektor pertanian dan  perikanan.


Optimalisasi peran swasta dan  masyarakat melalui kerjasama  pengembangan sektor pertanian  dan perikanan dengan pemanfaatan teknologi  informasi dan komunikasi dalam  pembangunan sektor pertanian  dan perikanan, serta mengembangkan skema closed  loop dalam peningkatan nilai  tambah .


Adapun terkait aturan pengelolaan Sidat di indonesia dan khususnya di Kabupaten Sukabumi, meningkatkan Minat dan peran komunitas dalam upaya pelestarian melalui rilis atau restocking ikan. "Imbuhnya.


Sementara itu, perwakilan i-fish FAO, Imron Rosadi menyampaikan bahwa pemanfaatan sumberdaya ikan dengan bijak dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap keberlanjutan perikanan di perairan darat. Adapun hal yang dapat di lakukan oleh komunitas adalah dengan melakukan rilis atau pelepasliaran kembali induk ikan yang tertangkap, agar dapat terus bereproduksi di alam 


Kegiatan dilanjutkan dengan sesi kuis interaktif untuk mengevaluasi pemahaman peserta terhadap materi yang sudah di sampaikan, dari hasil tanya jawab mendeskripsikan bahwa komunitas yang hadir sudah paham terkait jenis sidat, siklus hidup ikan sidat dan pemahaman konservasi.


Selanjutnya para narasumber melakukan survey potensi Perikanan darat di Sungai Cibojong, dari hasil pengamatan dan wawancara dengan perangkat daerah setempat, kawasan tersebut sangat potensial untuk dikembangkan dan di kelola dengan harapan dapat  meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar melalui wisata dan pelestarian.


Diharapkan melalui kegiatan pertemuan pendataan ini , terjalin komunikasi yang baik dengan para pemancing di perairan darat, sehingga upaya pengelolaan dan pelestarian ikan dapat langsung diterapkan di lapangan , dan data yang di hasilkan dapat diolah menjadi sumber informasi sebagai bahan kebijakan dalam pengelolaan perikanan oleh pihak yang berwenang.***(Lison)



ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close