Bupati Bangka: Pengelolaan Kearsipan Harus Mengikuti Perkembangan Zaman

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bupati Bangka: Pengelolaan Kearsipan Harus Mengikuti Perkembangan Zaman

25 January 2023

 


Bangka, zonamerdeka.com - Diera globalisasi, peranan teknologi informasi dan komunikasi berada dalam posisi yang sangat strategis. Untuk itu sangat tepat, kalau pengelolaan kearsipan harus mengikuti perkembangan zaman. 


Hal itu disebutkan Bupati Bangka, Mulkan.SH.MH dalam launching aplikasi Srikandi, Selasa (24/01/2023) di OR Bangka Setara kantor Bupati Bangka.


Dikatakan lebih lanjut Mulkan, bahwa  aplikasi pengelolaan arsip berbasis online, melalui  aplikasi Informasi dinamis terintegrasi, dinamakan aplikasi Srikandi. Tentunya di era globalisasi sekarang,  peranan teknologi informasi dan komunikasi berada dalam posisi yang sangat strategis. Sebab dapat meningkatkan produktivitas  dan efisiensi yang signifikan, "Maka sangat tepat kalau pengelolaan kearsipan harus mengikuti perkembangan zaman, " ujar Bupati Bangka.


Ditambahkan oleh orang nomor satu di Bangka ini dalam sambutannya,  Srikandi  merupakan aplikasi umum  bidang kearsipan dinamis yang dibangun secara bersama oleh Arsip Nasional Republik Indonesia, Kemenpan- RB, Kementrian  Kominfo, dan Badan Siber serta Sandi Nasional. Hal ini sesuai dengan peraturan presiden No. 95 tahun  2015 tentang  Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE), merupakan aplikasi wajib dalam  penggelolaan arsip  yang menjadi penentu  tata kelola pemerintah berbasis elektronik sesuai dengan arahan presiden RI.


 "Aplikasi ini harus di implementasikan  secara 100 persen  oleh pemerintah pusat dan daerah. Jadi saya tegaskan, aplikasi ini wajib dilaksanakan  oleh seluruh perangkat daerah.” ujar Mulkan.


Sedang Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Hj. Mina  mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Kabupaten Bangka berjumlah sejumlah 94 orang, terdiri dari para kepala OPD  dan kepala bagian arsip di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka, " Giat ini untuk meningkatkan kesadaran, dalam tertib arsip secara digitalisasi, dari arsip konvensional menjadi arsip elektronik. Sehingga memudahkan komunikasi, koordinasi antar instansi, baik di pusat maupun di daerah," kata Mina.


Hadir dalam kegiatan, Supriyono dari Arsip Nasional Republik Indonesia, Sekda Bangka Drs H Andi Hudirman, para Kepala OPD serta camat se Kabupaten Bangka. (eru)


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close