Dinas Perikanan Monitoring Dua Pesantren di Kabupaten Sukabumi

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dinas Perikanan Monitoring Dua Pesantren di Kabupaten Sukabumi

19 January 2023

 


Kabupaten Sukabumi, zonerdeka.com - Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi melakukan beberapa kunjungan ke Pesantren dalam rangka agenda monitoring kegiatan budidaya ikan, yaitu Pondok Pesantren Al-Ittihad dan Ponpes Al- Ihyaul Irsyad, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi. Rabu, (18/10/2023).


Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Nunung Nurhayati saat melakukan kunjungan tersebut menyampaikan bahwa Budidaya ikan di lingkungan pesantren memiliki banyak manfaat. 






"Selain untuk melatih kewirausahaan, hasil budidaya juga bisa dimanfaatkan mencukupi kebutuhan gizi para santri, juga untuk  mendukung program gemar makan ikan yang sedang digalakkan oleh pemerintah, "ujarnya.


Berkenaan dengan hal tersebut, Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi melakukan monitoring usaha budidaya ikan di ponpes yang ada di wilayah Kecamatan Purabaya. 


Ponpes yang dikunjungi kali ini adalah kedua ponpes yang sudah masuk kedalam daftar ponpes yang mendukung program OPOP (One Pesantren One Product).


Komoditas perikanan di pesantren sudah terbukti bisa diandalkan dalam ajang perlombaan OPOP. Pada tahun 2021 Ponpes Al- Istyirok di Kecamatan Waluran menjuarai lomba OPOP tingkat provinsi dengan komoditas ikan lele, sementara pada tahun 2022 giliran Ponpes Al-Masturiyah Cisaat yang menjadi pemenang lomba OPOP tungkat Provinsi Jawa Barat, "tuturnya.


Budidaya ikan yang sudah biasa dilakukan di Ponpes umumnya adalah ikan nila, mas dan lele, "kata Nunung.


Kedepannya Dinas Perikanan berharap Pondok Pesantren tersebut dapat mengembangkan ikan sidat yang merupakan komoditas unggulan local.  


"Selain memiliki nilai gizi yang tinggi ikan sidat juga sangat bernilai ekonomis tinggi. Sehingga diharapkan selain bisa memenuhi kebutuhan gizi untuk para santri juga bisa meningkatkan pemberdayaan perekonomian pesantren, "jelasnya.


Selain itu kegiatan buddaya ikan sidat ini dapat disinergiskan dengan kegiatan peternakan di kawasan peternakan yang berada di Kecamatan Purabaya.


1 Kotoran hewan (kohe) yang dihasilkan dari hewan ternak dapat dimanfaatkan sebagai media budidaya cacing yang merupakan pakan ikan sidat.


Dinas Perikanan akan terus mendorong untuk peningkatan budidaya ikan sidat ini melalui program dan kegiatan yang dilaksanakan baik yang bersumber dari dana pusat maupun daerah.***(Lison)


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close