RAPI Wilayah Kendal Sertai Pakde Bas Tinjau Banjir

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

RAPI Wilayah Kendal Sertai Pakde Bas Tinjau Banjir

01 January 2023


KENDAL - zonamerdeka.com- Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah Kendal JZ11ZZW.11) sertai Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, meninjau langsung warga yang terdampak banjir di beberapa wilayah di Kendal, Jawa Tengah pada Minggu (1/01/2023).


Selain ingin mengetahui kondisi warga, Wabup yang akrab disapa Pakde Bas tersebut juga membagikan paket sembako, nasi bungkus dan makanan ringan.


Dalam rombongan Pakde Bas tersebut, selain RAPI Wilayah Kendal nampak juga unsur dari Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal, Dinas Kesehatan, RSUD dr Soewondo Kendal dan Dinas Lingkungan Hidup Kendal serta Polres Kendal.

Mengenakan uniform RAPI RESCUE, Ardhi (JZ11YFA) menerangkan bahwa dalam hal ini RAPI memberikan Bantuan Komunikasi Mobile terutama dalam perjalanan menuju titik lokasi peninjauan.


"Tentu saja setelah sebelumnya kami berkomunikasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal," jelas JZ11YFA.


JZ11COY menambahkan, sebagai sebuah organisasi komunikasi radio antar penduduk, RAPI tidak saja dituntut untuk santun dalam berkomunikasi di darat maupun di frekuensi. 


"Namun kami juga musti tanggap dalam situasi darurat seperti sekarang ini," tandas JZ11COY.



Sebelumya rombongan secara berurutan, RAPI dan Wabup Pakde Bas mengunjungi warga terdampak banjir di Desa Cepiring dan Desa Juwiring, Kecamatan Cepiring. Kemudian rombongan menuju ke Desa Brangsong dan Desa Purwokerto, Kecamatan Brangsong, serta di Kelurahan Karangsari di Kampung Gisik.


Menurut Pakde Bas, dengan mendatangi langsung dan bertemu dengan warga yang terdampak banjir, bisa ikut merasakan penderitaan para warganya.


"Ya, ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada warga yang ditimpa musibah. Tentu musibah tidak bisa kita hindari, karena sudah digariskan oleh yang maha kuasa," ungkap Pakde Bas, saat meninjau lokasi banjir di Desa Purwokerto, Brangsong.


Pada kesempatan tersebut, Wabup juga mengapresiasi kepada warga, yang memupuk jiwa gotong-royong dan saling membantu sesama di saat kesusahan.


Dirinya juga meminta kepada warga untuk sabar dan ikhlas menghadapi ujian musibah akibat bencana hidrometeorologi, yang juga terjadi di beberapa wilayah.


"Mari kita bersama berdoa, supaya musibah segera berakhir. Selain itu berusaha bersama dalam menanggulangi bencana alam di Kendal," imbuh Pakde Bas.


Sementara itu, Rahmawan (JZ11HAE), Sekretaris RAPI Wilayah Kendal mengatakan selama hampir 3 hari Wilayah Kabupaten Kendal terdampak cuaca Ekstrem dengan intensitas hujan lebat. 


"Puncaknya pada Jumat dan Sabtu 31 Desember 2022 yang mengakibatkan beberapa wilayah di Kecamatan Kaliwungu, Brangsong dan Kendal Kota yang tergenang banjir yang cukup tinggi.  Di sinilah kemudian kawan-kawan RAPI tergerak untuk turun langsung membantu masyarakat," pungkas JZ11HAE. (RZM)


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close