Tambang Galian C di Kalisat Jember Dikeluhkan Warga, Diduga Ilegal dan Terkesan Ada Pembiaran

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tambang Galian C di Kalisat Jember Dikeluhkan Warga, Diduga Ilegal dan Terkesan Ada Pembiaran

12 February 2023

 


Jember, zonamerdeka.com - Tambang liar Galian C yang ada di wilayah Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember dikeluhkan warga. Penambangan galian C itu mengunakan alat berat Excavator atau biasa disebut Bego. Lokasi dari penambangan itu, tepatnya berada di Dusun Rowo Dua, Desa Gambiran, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember.

 

Warga mengeluhkan aktifitas pertambangan itu, pasalnya, aktivitas pertambangan itu diduga ilegal dan berpotensi merusak lingkungan. Lebih parahnya infrastruktur jalan yang sering dilewati truk tambang mengakibatkan jalan rusak parah.

 






"Alat berat dan Truk yang lewat itu berpotensi bikin jalan cepat rusak. Belum lagi dampak pada lingkungan," ucap warga yang tak bersedia namanya disebut, Sabtu (11/2/2023).


Hal yang sama dikatakan Kepala Dusun (Kasun) Rowo Dua, Ahmadi. Menurutnya, material Galian C yang diangkut Truk tambang juga sering berceceran di sepanjang jalan 


"Khususnya di Dusun Rowo Dua. Sebelumnya warga sempat menolak, tapi kok tetap jalan itu (tetap beroperasi - red)," ujarnya.



Terkait perijinan Kasun menyampaikan sejauh ini pengelola tambang belum pernah menyodorkan izin apapun untuk beroperasi di wilayahnya.


"Izin ke RT dan RW gak ada, apalagi ke saya. Sebelumnya warga juga sempat menolak. Orangnya juga sering gonta ganti," tandasnya.


Sementara menurut warga berinisial AH, aktivitas tambang Galian C ilegal bukan hanya di Dusun Rowo Dua saja, namun juga terjadi di beberapa titik.


"Sepertinya memang dibiarkan gitu saja sama pemerintah. Dari Provinsi ataupun Kabupaten gak ada apa-apa," imbuhnya.


Mirisnya, kata AH, dari sekian banyak tambang yang sudah beroperasi cukup lama itu, tak pernah ada kompensasi kepada warga.


"Dulu ada kegiatan tambang yang sempat ditutup. Tapi gimana ceritanya kok sekarang mulai beroperasi lagi itu," pungkasnya.


manto/ton


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close