Jaring Bacaleg Miliki Integritas dan Kapabilitas, PKB Kendal Gelar UKK

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jaring Bacaleg Miliki Integritas dan Kapabilitas, PKB Kendal Gelar UKK

01 April 2023


KENDAL- zonamerdeka.com- Sebagai bentuk komitmen untuk menjaring Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) yang memiliki integritas dan kapabilitas di Pemilu 2024, DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Kendal menggelar Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK). Bertempat di Kantor Sekretariat DPC PKB Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (1/4/23).


Ketua DPC PKB Kendal, Muhammad Makmum mengatakan, UKK diadakan untuk melihat kompetensi dan sejauh apa keseriusan bacalag untuk menjadi calon legislatif.


Makmum menyampaikan, Uji Kompetensi dan Kelayakan (UKK) bagi bacaleg merupakan arahan DPP PKB, dan ini tidak hanya dilakukan pada bacaleg PKB Kendal, namun juga dilakukan seluruh bacaleg PKB di semua tingkatan di seluruh Indonesia.


"Harapannya nanti caleg-caleg ini ketika terpilih, menjadi orang yang layak dan pantas sebagai seorang anggota legislatif," ujar M. Makmum.


Selain itu, kata Makmum, UKK juga untuk mengetahui basis massa yang dimiliki bacaleg, serta seperti apa komitmennya untuk membesarkan partai bila ia berhasil terpilih sebagai anggota legislatif.


Terkait materi UKK Makmum menyebutkan, secara ideologi PKB berbasis Ahlussunnah Wal Jamaah, tentunya materi yang menjadi nilai-nilai perjuangan di Nahdlatul Ulama, menjadi bagian yang harus diperjuangkan bacaleg.


"Juga materi tentang strategi kemenangan dan memetakan daerah pemilihan, serta strategi untuk mendapatkan dukungan massa," beber Makmum.



Puluhan bacaleg dari 6 dapil di Kendal hadir dan menjawab pertanyaan 3 orang panelis fit and proper test. Ketiga panelis tersebut yakni, Rois Syuriyah PCNU Kabupaten Kendal, KH Danial Royyan, Mantan Sekda Kendal, Muh Toha dan Sugiharto selaku praktisi hukum.


Sementara itu, Rois Syuriyah PCNU Kabupaten Kendal, KH. Daniel Royyan mengapresiasi UKK ini. Menurutnya fit and proper test sudah on the track.


"Ini hal yang sangat ideal, karena fungsi partai politik untuk menarik simpati masyarakat. Maka partai harus memasang caleg-caleg yang memiliki kompetensi," tandas KH. Daniel Royyan.(*)


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close