Kemendes Perjuangan Anggaran Dana Desa 5 Miliar Pertahun

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kemendes Perjuangan Anggaran Dana Desa 5 Miliar Pertahun

19 May 2023


KENDAL- zomaerdeka.com- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia akan memperjuangkan aspirasi masyarakat supaya anggaran Dana Desa menjadi 5 miliar pertahunnya.


Hal ini terungkap saat Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia menggelar Diseminasi Kebijakan Pembangunan Desa di Kabupaten Kendal, Kamis (18/5/2023) di Pantai Indah Kemangi Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.


Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto, Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan, Sugito, Direktur advokasi Kerjasama Desa dan Perdesaan Moch Fachri, Direktur Pembangunan Sarana dan Prasarana desa dan Perdesaan Nursaid. Selain itu, hadir Kepala OPD terkait dan Paguyuban Kades Bahurekso Kendal.


Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan, Sugito menyampaikan, Dana Desa sebagai salah satu instrumen dalam rangka mengembangkan potensi atau upaya mencari solusi, sehingga keberadaan dana desa menjadi penting dan strategis untuk pembangunan desa.


"Rata-rata untuk Dana Desa satu miliar perdesa. Melalui Dana Desa dapat mengantarkan desa untuk bisa lebih maju lagi, termasuk melakukan pembangunan-pembangunan desa," tambahnya. 


Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar mengaku senang bisa bertemu para Kades di Kabupaten Kendal. Dan mendengarkan langsung tentang komitmen para Kades di Kabupaten Kendal untuk menggunakan Dana Desa dengan sebaik - baiknya.


"Bahkan lebih baik dibandingkan dengan lembaga kementerian ditingkat pusat," ucap Muhaimin.


Menurut Muhaimin, kepercayaan yang diberikan oleh Pemerintah Pusat telah dibuktikan oleh para kepala desa, yaitu dengan dana 1 miliar perdesa pembangunannya sudah sangat terasa, baik pariwisata, industri desa dan ekonomi kreatif sudah sangat baik.


"Para kepala desa sudah membuktikan, dengan anggaran Dana Desa satu miliar sudah bisa membangun desanya dengan baik. Maka, saya bersama DPR akan berjuang menambah anggaran Dana Desa pertahun menjadi minimal 5 miliar perdesa di tahun 2024," ujar Wakil Ketua DPRI Muhaimin Iskandar.


Sedangkan dalam acara yang sama, Bupati Kendal Dico M Ganinduto menyampaikan harapannya agar peningkatan anggaran Dana Desa menjadi 5 miliar pertahun dapat terealisasi.(*)


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close