Pakde Bas Sebut Cerita Wayang Refleksi Kehidupan Masyarakat Sehari Hari

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pakde Bas Sebut Cerita Wayang Refleksi Kehidupan Masyarakat Sehari Hari

26 August 2022


KENDAL -zonamerdeka.com-
Wayang adalah warisan leluhur yang harus dilestarikan. Karena di dalam cerita pewayangan para tokohnya merupakan refleksi atau representasi dari sikap, watak, dan karakter manusia secara umum dalam kehidupan bermasyarakat sehari hari.

Demikian yang dikatakan Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki di Puncak Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia yang diadakan Pemerintah Desa Kalirandu Gede, Cepiring, Kendal, Jawa Tengah, Kamis (25/8/2022) malam.

"Ada yang memiliki karakter halus budi pekertinya, santun tutur katanya. Namun ada juga yang sebaliknya. Angkara murka, atau brangasan, pemarah, bengis, keji, egois dan lain sebagainya. Untuk itu, kita harus bisa berusaha membawa dan menjaga diri supaya baik," ujar Wakil Bupati Kendal yang akrab dipanggil Pakde Bas itu. 

Dalam kesempatan itu, Pakde Bas juga mengajak warga Desa Kalirandu Gede, untuk terus menjalin silaturahmi antar warga. Sehingga persatuan dan kesatuan bisa terjaga dengan baik.

"Harapannya senantiasa diberi keselamatan dan kesejahteraan buat semua. Juga sebagai sarana membina kerukunan dan mempererat hubungan antar warga," harapnya.

Pentas Wayang Kulit, menampilkan Dalang Ki Tantut Sutanto asal Klaten, Jawa Tengah.

Sementara Muhammad Makmun yang terlihat hadir di acara tersebut mengingatkan, 77 tahun yang lalu Indonesia merdeka atas perjuangan rakyat bersama alim ulama dan para tokoh. Sehingga dengan memperingati hari kemerdekaan merupakan bentuk penghargaan kepada para pejuang.

Dirinya juga menyampaikan, wayang merupakan salah satu seni budaya bangsa Indonesia yang paling populer di antara karya budaya lainnya. 

"Seiring waktu budaya wayang semakin berkembang dan menjadi media penerangan. Media dakwah, pendidikan, pemahaman filsafat. Serta sebagai hiburan yang sarat akan nilai-nilai falsafah hidup," kata Makmun.

Untuk itu, dirinya juga mengajak warga Kalirandugede, kembali melanjutkan pembangunan dan perekonomian setelah dua tahun terhenti akibat pandemi Covid-19.

"Pandemi yang kita rasakan selama dua tahun, telah memporak-porandakan perekonomian di seluruh dunia, salah satunya negara kita tercinta. Untuk itu, kami mengajak panjenengan semua untuk kembali bangkit dan melanjutkan pembangunan dan perekonomian ini," imbuh Makmun.

Sementara itu, Kepala Desa Kalirandugede Muzikan mengucapkan terima kasih atas kehadiran Wakil Bupati Kendal dan Ketua DPRD Kendal di acara puncak HUT ke-77 RI di desanya.

"Harapannya dengan kerawuhan panjenengan (kedatangannya) bisa membawa keberkahan desa kami. Semoga masyarakat desa kami diberi kemakmuran dan kesejahteraan," ungkapnya.(RZM)


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close