Menunggu Diresmikan, Jembatan Baru Handel Kecamatan Gunung Meriah Diuji Coba Dahulu

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Menunggu Diresmikan, Jembatan Baru Handel Kecamatan Gunung Meriah Diuji Coba Dahulu

08 January 2023

 


ACEH SINGKIl, Zonamerdeka.com -- Pembangunan jembatan baru handel rimo penghubung tiga Kecamatan. Kecamatan Gunung Meriah, Singkohor dan Kota Baharu di Kabupaten Aceh Singkil sudah rampung seratus persen, Saat uji coba pada hari ini tadi. Sabtu, (07/12/2022) 


Kapolres Aceh Singkil AKBP Iin Maryudi Helman yang Melalui Waka Polres Aceh Singkil Kompol Hari Purnomo, Mengatakan uji coba pengoperasian jembatan gantung handel ini di Kecamatan Gunung Meriah, selama 3 bulan.


Pada uji coba itu maksimal kendaraan yang dapat melewati jembatan bermuatan 20 ton dan telah disepakati jembatan tersebut tetap di gunakan 2 jalur.


“Mengenai tehnis di lapangan ada di Dinas Perhubungan dan Sat Lantas Polres Aceh Singkil,” Jelas Waka Polres.


Ia mengatakan dengan di buka uji coba jembatan tersebut masyarakat sangat lega, karena selama ini masyarakat sangat mendambakan kelancaran hubungan masyarakat Kecamatan Singkohor dan juga masyarakat Kecamatan Kota Baharu. Sumber; Infopublik.id


Selain itu. Kadis Dishub Aceh Singkil, Ranto SE Mengatakan ke media Zonamerdeka.com Pada saat uji coba selama dua jam jembatan handel ini.


"Alhamdulilah kita tidak ada menemukan kendala dengan muatan 120 ton di jembatan baru handel Kecamatan Gunung Meriah ini. 


Disaat, melakukan uji coba dengan menyinggahkan beberapa mobil tangki bermuatan CPO dan Mobil Truck pengangkut Cangkang di Jembatan ini. 


" Untuk sementara ini belum ada kendala, mengenai jembatan ini. Mudah - mudahan tidak ada kendala sampai hingga diresmikan dan oleh PJ. Bupati dan seterusnya," Kata Ranto 


Oleh sebab itu, Makanya kami turun kesini, supaya tidak ada kendala saat peresmian pada hari kamis depan nantinya. Kalau tidak ada perubahan jadwal peresmian jembatan ini," Imbuhnya 


Kita sangat merasa bersyukur, Bahwa jembatan yang dinanti - nantikan puluhan tahun ini. Sudah rampung dan selesai seratus persen yang dikerjakan oleh pihak Kontraktor CV. J2 GIP selaku rekanan pemenang tender jembatan ini," Terangnya 


Sementara, Adapun panjang jembatan baru handel ini. Kurang lebih 120 Meter, Sedangkan lebarnya sekitar 9 Meter. Kapasitas muatan atau tonase 100 ton lebih,"  Ungkap Ranto


Ia juga berharap kepada seluruh masyarakat Kabupaten ini dan masyarakat umumnya dapat segera mungkin bisa menikmati jalan jembatan baru ini. Setelah diresmikan nantinya.


" Karna sudah sekian tahun di idam - idamkan pembangunan jembatan handel selama ini oleh masyarakat. Khususnya untuk tiga Kecamatan, Kecamatan Gunung Meriah, Kecamatan Singkohor dan Kecamatan Kota Baharu," tuturnya 


Mudah - mudahan jembatan ini bisa berjalan lancar dan juga bertahan lama. Dalam mendongrak akses laju perekonomian masyarakat kita di Kabupaten Aceh Singkil yang kita sayangi ini," Ujar Ranto 


Selain itu, Anggota DPRK Aceh Singkil, H. Aminullah dari Partai Aceh. Semoga jembatan baru ini dapat berguna bagi masyarakat Kabupaten Aceh Singkil. 


" Kebetulan baru saja tadi, Kita sudah melihat secara langsung uji coba jembatan baru ini, Bersama dengan Pak Waka Polres Aceh Singkil, Kadis Dinas Perhubungan Aceh Singkil, Kepala Desa Rimo dan Pihak kontraktor. Alhamdulilah tidak ada kendala.


Kami melihat hanya tinggal sedikit lagi perlu pembenahan - benahan di jembatan handel ini," Ujarnya 


Namun sebagai Dewan DPRK Aceh Singkil, Mewakili masyarakat dari tiga Kecamatan, Khususnya masyarakat umumnya di Kabupaten Aceh Singkil ini.


" Kita sangat berterima kasih kepada Pemerintah Daerah dengan sudah dibangunnya jembatan baru ini, yang dimana kita ketahui bersama. Sudah sekian tahun di idam - idamkan oleh masyarakat.


Sementara, Terkait mengenai jembatan lama. Akan tetap difungsikan, Namun jembatan baru ini hajat kebutuhan masyarakat banyak tersebut, telah dipenuhi oleh Pemerintah Daerah, Kita merasa bersyukurlah," Ungkap  H. Aminullah.


H. Aminullah Menambahkan, Sejauh ini untuk kendala pembangunan jembatan, kalau secara umum kita belum mengetahui pasti kendalanya. 


Namun, Sebagai tugas fungsi Dewan, Mungkin diakhir tahun kita akan ada melakukan Pansus. Mudah - mudahan kita berharap tidak ada temuan dikemudian hari," Ujarnya 


Menurutnya, Pembangunan jembatan handel ini kalau saya melihat secara sepintas sudah layaklah untuk dilalui pengendara, Mobil tangki muatan CPO, Dum truck dan pengendara sepeda motor. 


"Sesuai aturan dan tahapan - tahapan penilaian kami di Dewan. Kami belum bisa memastikan, Karna belum melakukan Pansus, Biasanya akhir tahun nanti," Tambahnya 


Diketahui, Jembatan handel yang baru selesai dikerjakan ini. Untuk Muatan Sumbu Terberat (MST)nya, hanyalah sekitar 8 ton maksimal. 


Mengenai tipe jembatan, tipe A. Untuk jalan kelas III. Yang hanya mampu menampung dan menahan berat beban sekitar 100 ton lebih, Ketika berhenti parkir maksimumnya.


Sakdam husen


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close