Ketua tim Penggerak PKK Bartim Buka Acara Sosialisasi Manfaat Eco Enzym di Sekolah

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ketua tim Penggerak PKK Bartim Buka Acara Sosialisasi Manfaat Eco Enzym di Sekolah

23 February 2023

 



Zonamerdeka.com, Barito Timur- Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Barito Timur ,Provinsi Kalimantan Tengah, Monita Mustika Dewi membuka acara sosialisai manfaat dan penggunaan dari Eco Enzym kepada puluhan pelajar SMAN1 Tamiang Layang. 


 Istri Bupati Barito Timur tersebut menjelaskan bahwa manfaat dari Eco Enzym perlu didampaikan sejak dini kepada pelajar maupun para petani di Barito Timur.


"Kegiatan kita hari ini yaitu sosialisasi dan pelatihan mengenai mamfaat daur ulang sampah rumah tangga kita, sehingga menjadi bermanfaat dan tentunya mengurangi sampah-sampah yang ada di Barito timur ini," ucap Monita,Kamis (23/2/2023) .


Lebih lanjut, ia juga menjabarkan bahwa selain mengelola persampaan namun ada juga mengedukasi manfaat sampah menjadi pupuk organik untuk semua jesis tanaman. 


"Berhubungan pengurus Eco enzym di Barito timur ini baru terbentuk .Meskipun baru, kita melakukan dua kali kegiatan setelah di PKK sebagai induknya dan kita juga melakukan di SMA ini," ungkapnya.


Menurut Monita, selain bermanfaat bagi para pelajar, pengelolaaan sampah menjadi Eco Enzym ini juga bermanfaat untuk para petani.


"Kedepan rencananya kemungkinan kita akan memperluas lagi sosialisasi secara khusus di kalangan masyarakat, khususnya petani. Sehingga di pertanian kedepannya menggunakan pupuk buatan sendiri tanpa mengandung bahan kimia sehingga alami," ujar Monita. 


Untuk diketahui, manfaat Ekoenzim atau ecoenzyme atau garbage enzyme adalah larutan kompleks hasil fermentasi dari limbah organik seperti limbah buah dan sayuran dengan gula merah atau molase dan air dengan bantuan mikroorganisme selektif dari kelompok jamur dan bakteri selama 3 bulan Kemudian, Ekoenzim adalah hasil fermentasi limbah organik dapur menjadi bahan yang mempunyai bahnyak manfaat untuk alam dan manusia. 


"Manfaat ekoenzim untuk pertanian adalah sebagai filter udara, herbisida dan pestisida alami, filter air, pupuk alami untuk tanaman, dan dapat menurunkan efek rumah kaca"tutupnya(Yulius Yartono ).


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close