PMR SMAN Mumbulsari Ngabuburit Sambil Buat Eco Enzyme

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

PMR SMAN Mumbulsari Ngabuburit Sambil Buat Eco Enzyme

24 March 2023

 


Jember, zonamerdeka.com - Dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-73 Palang Merah Remaja, anggota PMR berusaha menyemarakkan dengan banyak kegiatan. Salah satunya dengan pembuatan Eco Enzyme. Kegiatan ini juga yang dilakukan oleh PMR SMAN Mumbulsari.


PMR SMAN Mumbusari melakukan pembuatan eco enzyme di waktu sore hari menjelang maghrib yang bertepatan pada bulan puasa. Kegiatan ini merupakan sarana positif siswa sekolah dalam menunggu waktu buka atau ngabuburit.


Banyak pelajar yang terkadanag mengisi kegiatan ngabuburit dengan hal – hal yang kurang baik bahkan membahayakan. Namun tidak dengan para siswa SMAN Mumbulsari yang merupakan anggota Palang Merah Remaja. “Mereka melakukan kegiatan yang sangat postif bahkan bermanfaat bagi lingkungan sekitar,” kata Aprilian Dani Feri Yoga, Fasilitator PMR SMAN Mumbulsari. 


Lanjut Aprilian, Eco Enzyme merupakan cairan fermentasi yang terbuat dari bahan organik yang dapat ditemui pada banyak limbah rumah tangga. Alih – alih membuangnya sebagai sampah, para pelajar ini menggunakannya untuk bahan pembuatan Eco Enzyme. Mereka mengumpulkan banyak bahan organik ini dari rumah masing – masing kemudian mengumpulkannya. “Setidaknya mereka telah berhasil meracik 20 liter bakal cairan Eco Enzyme,” ujarnya.


Pada kegiatan ini, para pelajar diharapakan dapat menggunakan waktu luang untuk hal hal yang postif. Terlebih, kegiatan – kegiatan yang dapat mendatangkan manfaat. Dari hal ini pembuatan Eco Enzyme  menjadi salah satu sarana untuk mengisi waktu luang para pelajar untuk lebih berguna dan bermanfaat untuk masyarakat. (manto)


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close