Datangi Kampung Pesisir, Nelayan Keluhkan Sulit Cari Solar, Mbak Tika Janji Carikan Solusi Terbaik

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Datangi Kampung Pesisir, Nelayan Keluhkan Sulit Cari Solar, Mbak Tika Janji Carikan Solusi Terbaik

13 July 2024


KENDAL- zonamerdeka.com- Dyah Kartika Permanasari, Anggota DPRD Jawa Tengah mengunjungi kampung pesisir di dusun Tawang Desa Gempolsewu, Kecamatan Rowosari, yang saat ini tengah menyelenggarakan kegiatan sedekah laut atau "Nyadran" Kamis (11/7/24).


Menurut politikus PDI-Perjuangan itu, diera digitalisasi ini, tradisi sedekah laut atau yang disebut "Nyadran" oleh masyarakat setempat jangan sampai tergerus oleh perubahan jaman.


"Tradisi Nyadran Ini sebagai bentuk wujud syukur kepada Allah SWT atas limpahan rejeki yang sudah diberikan. Tujuan positif yang lain adalah sebagai bentuk guyub rukun antar nelayan. Tradisi seperti ini tentunya harus dilestarikan apalagi di era digitalisasi modern, budaya asing yang mudah diakses," ujar Mbak Tika.


DIa juga menyebut kedatangannya sebagai bentuk kepeduliannya sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah yang mempunyai kewajiban untuk berkontribusi menyejahterakan masyarakat. Termasuk mencarikan solusi terbaik kesulitan nelayan mencari BBM solar.


Selain itu, sebagai bakal calon bupati Kendal yang rencananya akan maju di Pilbup Kendal, dirinya merasa tergerak untuk melihat potensi yang ada di wilayah pesisir untuk nantinya dapat dikembangkan, sehingga para nelayan di Kabupaten Kendal kedepan bisa lebih sejahtera.


"Ini juga menjadi visi misi saya. Jadi seluruh peluang Kabupaten Kendal yang belum maksimal ini, kedepannya di pemerintahan selanjutnya akan dimaksimalkan," bebernya.


Sebagai contoh, kata Mbak Tika, pengelolaan hasil tangkapan nelayan yang hanya dijual segar atau dikeringkan saja. Diharapkan kedepan dapat ditingkatkan melalui sosialisasi dan pembinaan.


"Tetapi kalau ada diversifikasi, kemudian dibuat olahan dan ditingkatkan pemasarannya kan otomatis nilai jualnya semakin meningkat. Tadi saya ngobrol sama nelayan mereka pingin juga tetapi karena keahliannya tidak ada dan kurang pendampingan," tandasnya.


Saat ditanya terkait siapa yang akan mendampingi dirinya maju di Pilkada Kendal, Ia menyatakan masih menunggu proses dan dinamika selanjutnya.


"Belum ini masih proses, peta politik kan memungkinkan koalisi, kemarin yang partai A misalnya sama sekali tidak mendukung nanti pada akhirnya dengan dinamika yang berjalan, ada peluang koalisi itu kan bisa saja," imbuh Mbak Tika.


Sementara itu sebelumnya saat dialog dengan Mbak Tika, perwakilan dari Nelayan Desa Gempolsewu, Ahmad Riyanto berharap nantinya Mbak Tika dapat maju mewakili dan mensejahterakan para nelayan untuk memimpin Kabupaten Kendal.


"InsyaAllah kalau Mbak Tika itu sosok yang baik dan bagus. Cocok memimpin Kendal," katanya.


Ia berharap, calon pemimpin Kabupaten Kendal nantinya dapat memberikan solusi permasalahan para nelayan serta dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan.


"Selama ini kami kesulitan membeli BBM solar karena peraturan-peraturan yang dibuat pemerintah. Susah kalau tidak beli sendiri. Saya ingin Mbak Tika bisa memimpin Kendal dan menyejahterakan para nelayan," harap Ahmad Riyanto.(*)


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close