Kendal Miliki Dua Kampung Moderasi Beragama, Ini Harapan Kemenag

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kendal Miliki Dua Kampung Moderasi Beragama, Ini Harapan Kemenag

28 December 2023


KENDAL -zonamerdeka.com- Kabupaten Kendal saat ini telah memiliki dua kampung moderasi beragama, yakni di Desa  Kalirejo Kecamatan Singorojo dan  Plososari Kecamatan Patean Kendal.


Kepala Kemenag Kabupaten Kendal, pada Kamis ( 28/12/2023), secara simbolis melaunching kampung moderasi beragama di Desa Plososari Kecamatan Patean Kabupaten Kendal Jawa tengah.

 

Di akhir tahun ini Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal melaunching Desa Harmoni  yang sekarang disebut sebagai Kampung  Moderasi beragama. Yang berada di desa Plososari Kecamatan Patean Kabupaten Kendal. Desa ini dijadikan desa  moderasi beragama. Sebab di desa tersebut, dipandang saling menghargai antar pemeluk agama lain.

 

Jumlah penduduk Desa Plososari  sekitar  6.800  jiwa ini  mayoritas beragama Islam , Kristen,Katolik dan  Budha  dan Hindu. Lima agama yang  ada di  desa tersebut saling menghormati, bahkan dalam  sosial kemasyarakatan juga  tidak bermasalah  saling  guyup rukun gotong royong.

 

Ketika umat  Muslim merayakan hari Raya umat agama lain juga  saling menghargai  bahkan dalam  pengamanan  hari besar keagamaan  juga saling membantu. Itukah  kenapa  desa Plososari dijadikan desa  moderasi beragama.

 

Kepala Kantor  Kementerian  Agama Kabupaten Kendal KH Mahrus mengatakan , di Kabupaten Kendal ada  dua  Desa yang awalnya Desa Harmoni ditingkatkan menjadi Kampung Moderasi beragama. Yakni di  desa Kalirejo  Kecamatan Singorojo,dan  desa Plososari Kecamatan Patean.

 

“Harapanya tiap tahun ada satu  Kampung Moderasi. Ditargetkan nantinya  semua desa  di Kabupaten Kendal  bisa jadi  kampung moderasi. Sehingga   masyarakat  lintas agama  bisa rukun saling menghargai bahkan  bisa saling bahu membahu.” jelas  KH Mahrus.


Sekda Kendal, Sugiyono  mengatakan, dengan adanya kampung moderasi  bisa saling membantu  antar umat beragama yang ada di desa tersebut, jika  ada  umat beragama  sedang membangun  rumah ibadah  bisa saling membantu. Salah satunya ketika umat Nasrani  melaksanakan  misa Natal banser juga ikut menjaga   keamanan, begitupula sebaliknya dengan umat agama lainya.

 

“Kabupaten Kendal sudah ada  dua  desa percontohan   yang tadinya desa harmoni sekarang meningkat jadi kampung moderasi beragama. Harapanya dengan  adanya kampung moderasi ini  bias  saling menghargai saling guyup rukun antar pemeluk agama," ucap Sugiyono

 

Kepala Desa Plososari, Supari mengatakan ,atas dukungan  dari masyarakat dan  Kemenag Kabupaten Kendal, dengan adanya  launching kampung  moderasi beragama  ini  bisa  meningkatkan  kerukunan  antar umat beragama.

 

“Harapan kami selaku Kepala desa dengan adanya  Launching  Kampung  moderasi ini  bias  meningkatkan kerukunan antar umat beragama  dengan otomatis juga akan  meningkatkan perekonomian di desa Plososari. Kami ucapkan terimakasih pada  Kemenag Kendal dan pemerintah kabupaten Kendal sudah  memilih desa kami sebagai kampung  moderasi beragama," kata Supari.

 

Kampung moderasi beragama dihidupkan oleh orang yang ada di kampung tersebut, kampung moderasi merupakan rumah bersama semua umat beragama yang membawa kebaikan untuk bersama. Saling mendukung, saling menguatkan, dan menggunakan agama .

 

Bahkan  launching kampung  moderasi di halaman  wihara. Juga ada  penandatangan prasasti oleh  sekda Kendal dan Kepala Kemenag Kendal dilanjutkan doa bersama  antar tokoh agama, dan dialog bersama yang di pandu oleh  Kasubag  Tata Usaha  Kemenag  Kabupaten Kendal  Hj  Maesaroh.(*)


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close