Kendal Punya Tool Pencarian yang Informatif, Efisien, Integratif dan Akuntabel, Bernama "Kudasakti"

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kendal Punya Tool Pencarian yang Informatif, Efisien, Integratif dan Akuntabel, Bernama "Kudasakti"

06 August 2024


KENDAL- zonamerdeka.com- Berkembangnya teknologi informasi yang membutuhkan kecepatan pencarian, efisien, terintegrasi dan akuntabilitas data, membuat Diskominfo Kabupaten Kendal membuat terobosan replikasi inovasi, yaitu membuat tool pencarian bernama "Kudasakti" atau Kumpulan Data Statistik Terintegrasi.


Replikasi inovasi Kudasakti ini, adalah portal data sektoral yang salah satu fungsinya, untuk mendukung penyelenggaraan Satu Data Indonesia (SDI) di Kabupaten Kendal.


"Kudasakti juga dapat menjadi tool pencarian data yang informatif bagi user dan menjadikan manajemen data sektoral lebih efisien, integratif, dan akuntabel," kata Subkoordinator Data dan Statistik pada Bidang Staper Diskominfo Kendal, Ufi Alaia Furqon, Selasa (6/8/24).


Ufi menyampaikan, melalui Kudasakti produsen juga dapat mengunggah secara mandiri melalui akun yang sudah diberikan, proses verifikasi lebih cepat untuk konfirmasi lanjutan. 


"Serta dapat diintegrasikan dengan sistem aplikasi lain untuk mewujudkan interoperabilitas data," terangnya.


Atas inovasi tersebut, setelah melewati tahapan presentasi dan wawancara pada seleksi penilaian Desk Evaluasi Pemantauan Keberlanjutan dan Replikasi Inovasi Pelayanan Publik (PKRI) Tahun 2024 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Republik Indonesia, Portal data KUDASAKTI Diskominfo Kabupaten Kendal ditetapkan menjadi salah satu dari 5 terbaik nasional pada kategori kelompok replikasi inovasi. 


Hal ini berdasarkan surat pengumuman dari Kemenpan RB RI Nomor: B/536/PP.00.05/2024, bahwa replikasi inovasi portal data Kumpulan Data Statistik Terintegrasi (Kudasakti) milik Pemerintah Kabupaten Kendal mendapatkan penghargaan dari Kemenpan RB, pada Selasa (30/7/2024) lalu, di Ruang Command Center Setda Kendal.


"Alhamdulillah berkat kolaborasi yang baik antar Perangkat Daerah, Kudasakti Pemkab Kendal mendapatkan penghargaan pada kategori kelompok replikasi inovasi dari Kemenpan RB RI," terang Adhi Prasetyo, Kadis Kominfo Kendal.


Menurut Kadis Kominfo Kendal, rangkaian proses penilaian PKRI (Pemantauan Keberlanjutan dan Replikasi Inovasi Pelayanan Publik) telah melalui rangkaian tahapan-tahapan seleksi sebelumnya , seperti seleksi administrasi, pemenuhan data dukung, serta tahapan presentasi dan wawancara dengan tim penilai independen dari Kemenpan RB RI.


"Perlu diketahui, Kudasakti ini manfaatnya benar-benar dirasakan oleh seluruh stakeholder, tidak hanya untuk Organisasi Perangkat Daerah saja, namun juga dirasakan oleh pemerintah desa dan kelurahan di Kabupaten Kendal, karena  aplikasi ini dapat diintegrasikan dengan portal data lain, sehingga dapat digunakan stakeholder dalam menunjang perumusan kebijakan," terang Ardhi.


Atas nama Pemkab Kendal, Kadis Kominfo mengucapakan terima kasih kepada Kemenpan RB yang telah menggelar PKRI tahun 2024, dia berharap penghargaan yang diberikan ini, akan lebih menambah semangat dan kinerja yang tentunya bermuara pada kemajuan pembangunan Kabupaten Kendal.


Ia juga menjelaskan, sebagaimana tercantum dalam lampiran pengumuman hasil penilaian, untuk kategori kelompok replikasi inovasi terdapat 5 terbaik inovasi pada setiap kluster instansi dan Diskominfo menjadi salah satu dari 5 terbaik pada kluster Kabupaten di Indonesia dan menjadi satu-satunya Pemerintah Kabupaten dari wilayah Provinsi Jawa Tengah pada kelompok replikasi. 


Selanjutnya, untuk acara penerimaan penghargaan akan disampaikan dalam pengumuman lebih lanjut dari KEMENPAN-RB RI.


"Adapun total skor nilai yang diberikan oleh tim penilai independen kepada Diskominfo Kendal berjumlah 87.76, yang terdiri dari nilai Desk Evaluations 82.16 serta nilai presentasi dan wawancara 91.50," pungkas Ardhi.(*)


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close