Kadiskan Kab. Sukabumi Hadiri Kegiatan Verifikasi dan Validasi Integrasi Data Spasial DAK di Lombok

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kadiskan Kab. Sukabumi Hadiri Kegiatan Verifikasi dan Validasi Integrasi Data Spasial DAK di Lombok

22 December 2022

 



zonamerdeka.com - Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Sukabumi, Nunung Nurhayati menghadiri kegiatan Verifikasi dan Validasi Integrasi Data Spasial DAK Tematik 4 Pengembangan Food Esatate dan DAK Tematik 5 Penguatan Kawasan Sentra Produksi Pangan (KSPP) Tahun 2023, bertempat di Hotel Novotel Lombok Resort & Villas, Nusa Tenggara Barat (NTB). Selasa, (20/12/2022).


Verifikasi dan validasi dilaksanakan berdasarkan Surat dari Badan Perencaaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia Nomor 18903/PP.04.02/Dt.3.1/T/12/2022 Tanggal 12 Desember 2022.


Sesuai Peraturan Pemerintah No 17/2017 tentang Sinkronisasi Proses Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan Nasional, untuk menggunakan konsep THIS (Tematik, Holistik, Integratif dan Spasial) dalam melakukan pengelolaan (perencanaan, pemantauan (monitoring), evaluasi, dan pelaporan.


Kadiskan Kabupaten Sukabumi dalam kesempatan tersebut didampingi Subkoor Pengelolaan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sukabumi.


Dalam kegiatan ini disampaikan terkait arahan pemenuhan data spatial dalam pendekatan THIS (Tematik, Holistik, Integratif, dan Spasial) untuk perencanaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan, serta pengembangan peta aset pangan.


Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi mengatakan pemenuhan data spasial dimaksudkan untuk proses pengelolaan DAK sehingga perencanaan dan implementasi menjadi tepat sasaran, memudahkan dalam pemantauan, evaluasi dan pelaporan.


Selain itu, pemenuhan data spasial juga memudahkan dalam pengelolaan DAK pada skala nasional, baik untuk perencanaan, pemantauan dan evaluasi, "ujar Nunung.


Sementara itu, ia juga menyampaikan bahwa pemenuhan data spasial mengembangkan standarisasi dalam pengadaan, penyiapan, dan penggunaan data dan informasi geospatial untuk perencanaan dan sinkronisasi.


"Layout peta yang harus disiapkan, diantaranya Layout Peta Per-Bidang DAK Bidang Pertanian, Bidang Irigasi, Bidang Jalan, Perikanan. Gabungan Peta Bidang DAK berdasarkan menu dan dibuat dalam layout yang terintegrasi, "imbuhnya.


Diharapkan dengan adanya kegiatan ini tersusunnya perencanaan/usulan yang dibentuk dalam 1 kawasan untuk menciptakan ketahanan pangan berdasarkan data spasial yang dibentuk dalam layout peta yang terintegrasi.



Lison


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close